Jangan Menyerah, Ini 5 Keuntungan Menjalani LDR

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Hubungan jarak jauh atau long distance relatioship (LDR) adalah hubungan yang berat bagi beberapa pasangan.

Read More

Hubungan ini memiliki ujian yang tak mudah, sehingga membutuhkan ekstra kesabaran, kepercayaan dan cinta dari masing-masing pihak.

Meski begitu, ada beberapa keuntungan dari tipe hubungan ini. Beberapa pasangan yang tak bisa mengambil hikmah atau keuntungan dari LDR, biasanya akan menemui jalan buntu dan mengakhiri hubungan yang ada.

Dilansir dari Times of India, ini adalah beberapa keuntungan dari hubungan jarak jauh atau  LDR:

1. Memiliki percakapan yang lebih berkualitas

Dok. Freepik Ilustrasi menelepon.

Satu-satunya jalur komunikasi ketika menjalani LDR adalah lewat sambungan telepon atau video call.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Percakapan via telepon bagi pasangan LDR biasanya akan memiliki kualitas yang lebih bermakna daripada pasangan yang sering bertemu setiap hari dan sudah berkomunikasi secara tatap muka.

Karena menghargai tiap akses komunikasi, maka percakapan akan mengarah ke hal-hal yang lebih bermutu dan intim.

2.  Ekstra komitmen

Menjalani LDR membutuhkan ekstra komitmen. Setelah seharian beraktivitas di luar rumah, Anda dan pasangan akan sama-sama meluangkan waktu untuk bertemu di jalur telepon meski harus memangkas waktu tidur. 

Hal-hal semacam ini membutuhkan ekstra komitmen, dan hanya mereka yang menganggap hubungannya serius saja yang bisa melakukan ini.

3. Memiliki ikatan emosional yang lebih kuat

Ilustrasi pasangan berpelukan.SHUTTERSTOCK Ilustrasi pasangan berpelukan.

Karena tak bisa bertemu secara fisik, maka pasangan LDR secara otomatis akan membangun ikatan emosional lebih kuat.

Mereka bisa menjaga kepercayaan meski tak berdekatan, mereka bisa menjaga cinta meski tak saling bertemu. Ikatan emosional seperti ini lebih kuat dari ikatan emosional dari pasangan yang tidak menjalani LDR.

4. Memiliki rasa lebih tulus

Tanpa bertemu fisik sehingga minim godaan-godaan gairah, pasangan LDR biasanya membangun cinta yang lebih tulus. Mereka saling mencintai dan bersama bukan berdasarkan urusan fisik semata.

5. Anda tak akan mudah bosan

Yang terakhir, tentu saja LDR tak akan membuat Anda gampang menemukan jenuh dan bosan, seperti pasangan yang selalu bertemu secara fisik setiap hari.

Sebagai gantinya Anda justru akan menemukan rindu, bumbu yang akan lebih memperkuat ikatan emosional.

Cara merawat LDR

Ilustrasi pasangan hidupShutterstock Ilustrasi pasangan hidup

Dicukil dari Time, ada beberapa usaha yang bisa Anda lakukan untuk memelihara LDR, selain dengan cara menjaga komitmen.

Yang pertama, jadikan teknologi alat untuk merekatkan hubungan Anda. Meski tak bisa bertemu fisik, Anda tetap bisa berkirim kabar kapan pun juga menggunakan teknologi. 

Lori Gottlieb, psikoterapis ahli masalah percintaan menyarankan untuk tak sekedar menggunakan teknologi untuk mengabarkan Anda tengah di mana, tapi juga untuk mengirim foto Anda tengah bersama siapa saja. Hal ini, bisa menambah kepercayaan.

Kedua, Anda bisa mengusahakan melakukan sesuatu berdua meski terpisah tempat. Seperti menonton film bersama via video call atau memainkan gim yang membuat Anda berdua bisa mendapatkan quality time.

Ketiga, rancang rencana kegiatan berdua yang akan Anda lakukan ketika bertemu nanti. Hal-hal seperti ini akan membuat hubungan tetap hangat dan menyenangkan.

Terakhir, tentukan batasan dan aturan dalam berkomitmen, dan tetaplah mentaati setiap batasan yang sudah diciptakan berdua. 

#Jangan #Menyerah #Ini #Keuntungan #Menjalani #LDR #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts