Tips Mengatasi Kucing yang Terlalu Aktif di Malam Hari

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Kucing menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermalas-malasan. Dari pagi hingga sore, kucing akan memilih memejamkan mata daripada bermain atau berpetualang.

Read More

Nah di malam hari, kucing baru akan terjaga. Energi yang sudah ditabungnya sedari pagi akan digunakannya aktif di malam hari.

Menjelang tengah malam, energi kucing ini justru tengah dalam kondisi maksimalnya.

Jadi ketika Anda bersiap untuk terlelap, kucing kesayangan Anda justru akan berlarian ke sana kemari untuk bermain atau berpetualang mengejar cicak dan serangga yang ada di dalam rumah.

Tentu saja, hal ini sangat mengganggu rutinitas istirahat Anda. 

PIXABAY/MA-XIAO-TAO Ilustrasi kucing bermain benang.

Kucing aktif di malam hari karena mereka memang hewan nocturnal, yaitu golongan binatang yang akan aktif bergerak setelah matahari terbenam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari Catfriendly,  rentang waktu antara tengah malam hingga pagi hari adalah waktu di mana kebanyakan kucing akan berburu, bermain dan mencari makanan.

Di rentang waktu itu juga lah, kucing akan mencari perhatian dari para pemiliknya. Kucing bisa mengeong keras-keras untuk membangunkan Anda demi meminta makan, atau menubruk Anda hanya untuk mengajak bermain.

Kebiasaan kucing ini adalah sifat alami, menurun secara genetika. Jadi kita memang tak bisa menuntut kucing untuk memiliki waktu tidur seperti manusia.

Meski kebiasaan itu tak bisa dihentikan atau diubah, namun ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kegaduhan kucing ini.

Dilansir dari Petmd.com, tips ini bisa membuat kucing tak lagi menganggu waktu tidur Anda, meski ia akan terus melanjutkan kebiasaannya terjaga hingga pagi.

1. Sediakan kebutuhan kucing sebelum Anda terlelap

Ilustrasi makanan kucing. PIXABAY/KROPEKK_PL Ilustrasi makanan kucing.

Sebelum Anda berangkat tidur, pastikan kucing mendapatkan apa yang mereka butuhkan selama terjaga.

Beri makanan dan minuman di mangkuknya dan pastikan pasir di litter box-nya dalam kondisi bersih. 

Jadi ketika tengah malam kucing merasa lapar, mereka tak perlu menbangunkan Anda untuk meminta makanan.

2. Ajak kucing bermain sebelum Anda tidur

Energi kucing melimpah ruah di malam hari. Agar energinya sedikit berkurang, beri perhatian kepada kucing kesayangan Anda setiap Anda pulang beraktivitas.

Ajak kucing bermain sebelum Anda tertidur agar energinya terkuras dan agar keinginannya mendapat perhatian tercukupi.

Dengan begitu, menjelang tengah malam, energi kucing sudah menipis dan ia tak akan terlalu aktif dan menganggu waktu tidur Anda.

3. Memberi makan di malam hari

Kucing juga punya kebiasaan dan sistem metabolisme yang mirip manusia, yaitu akan mengantuk ketika perutnya terisi makanan dan kenyang.

Memberi kucing makan di malam hari bisa membuat kucing mengantuk dan tertidur hingga pagi.Unsplash/Abeer Zaki Memberi kucing makan di malam hari bisa membuat kucing mengantuk dan tertidur hingga pagi.

Jadi agar kucing tak terlalu aktif, Anda bisa memberi makan kucing menjelang waktu tidur Anda. Selepas kenyang, biasanya kucing akan bermalas-malasan dan tertidur hingga pulas.

Ketiga tips di atas bisa efektif meredam kegaduhan kucing di tengah malam.

Jika keaktifan kucing di malam hari diikuti perilaku yang merusak dan suara mengeong tiada henti, bisa jadi kucing tengah terdera stres atau menahan nyeri karena suatu penyakit.

Anda harus mencermati penyebabnya dan mencari pertolongan dengan segera.

#Tips #Mengatasi #Kucing #yang #Terlalu #Aktif #Malam #Hari

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts