Pemain Penjelajah dalam Sepak Bola

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Sebanyak 11 pemain dalam sebuah tim sepak bola memiliki peran-peran yang berbeda. Mereka terdiri dari penjaga gawang, bek, gelandang, dan penyerang.

Read More

Penjaga gawang bertugas menangkap, menangkis, dan menghalau bola ke arah gawangnya.

Seorang penjaga gawang atau kiper punya keistimewaan yakni boleh menggunakan tangannya. Selain itu, dia juga menggunakan warna jersey yang berbeda dengan rekan maupun lawan.

Kemudian bek bertugas untuk membuat garis pertahanan. Mereka akan menahan segala serangan yang masuk ke daerah belakang.

Gelandang punya fungsi cukup berat karena harus mengatur ritme permainan, mencari bola, kreativitas serangan, dan ikut membantu menahan serangan lawan.

Sementara penyerang bertugas sebagai ujung tombak tim untuk mencetak gol (meski semua pemain boleh mencetak gol).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari penjelasan di atas, pemain penjelajah dalam sepak bola disebut gelandang. Alasannya, seorang pemain tengah atau gelandang harus rajin mencari bola hingga memutus aliran bola lawan.

Seorang pemain penjelajah dalam sepak bola biasanya dikenal dengan istilah gelandang box-to-box.

Dilansir dari Sportskeeda, box-to-box midfielder adalah gelandang yang efektif baik dalam membantu penyerangan maupun membantu pertahanan

Pengertian sederhananya adalah pemain yang berperan sebagai gelandang box-to-box merupakan pemain yang bisa menyerang dan bertahan sama baiknya.

Pemain berperan gelandang box-to-box mulai populer pada era 1990-an meski sebenarnya sudah muncul sejak 1880-an.

Istilah box-to-box berasal dari tugasnya, di mana gelandang tersebut turut berperan ketika bertahan di area timnya dan ikut menyerang ke daerah lawan.

Mudahnya, gelandang box-to-box harus bisa memahami transisi negatif (menyerang ke bertahan) dan transisi positif (bertahan ke menyerang).

Ketika transisi negatif, dia bertugas untuk melakukan tekel, intersepsi, memutus aliran serangan lawan, hingga memblok tendangan lawan.

Lalu turut membangun serangan ke kotak penalti lawan untuk menciptakan peluang atau bahkan mencetak gol.

Begitu banyak pemain yang berperan sebagai gelandang box-to-box, salah satunya adalah N’Golo Kante (Chelsea).

N’Golo Kante sempat menjadi perbincangan karena penampilan apiknya pada semifinal dan final Liga Champions 2020-2021.

Dia memiliki daya jelajah paling tinggi dalam laga-laga tersebut.

Di sisi lain, daya jelajah Kante untuk timnya sejatinya juga sudah terasa ketika dia berada di Leicester City di bawah asuhan Claudio Ranieri.

Begitu juga ketika berada di Chelsea sejak musim 2016-2017 dan di timnas Perancis.

Eks bek Chelsea berkebangsaan Perancis, Marcel Desailly, pernah berkelakar soal daya jelajah Kante tersebut.

“Jika 70 persen bumi ditutupi oleh air, maka sisanya akan ditutupi oleh N’Golo Kante,” kata Marcel Desailly. Stamina Kante seakan tak pernah habis.

Jika habis, baterai cadangan langsung terpasang. Ketika baterai cadangan habis, artinya laga telah usai hingga 120 menit.

#Pemain #Penjelajah #dalam #Sepak #Bola

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts