Menengok Bangunan Baru Stasiun Manggarai, Menhub BIlang Mirip Stasiun di Jepang

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi meninjau langsung bangunan baru Stasiun Manggarai.

Read More

Kini, seluruh jalur yang berada di stasiun tersebut resmi beroperasi.

Gedung baru itu, kata Budi Karya, digunakan untuk transit para penumpang yang memilih rute perjalanan Bogor/Depok-Jakarta Kota dan Bogor/Depok-Manggarai sejak Kamis (23/9/2021) lalu.

“Senang sekali melihat (bangunan baru) Manggarai, kayak di Jepang, ini modern sekali, bersih, dan semoga ini diikuti dengan layanan yang semakin baik,” ucap Budi dalam kunjungannya, Minggu (26/9/2021).

KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO Pemandangan sisi barat dari bangunan baru Stasiun Manggarai, Minggu (26/9/2021)

Budi mengatakan, yang mirip dengan stasiun-stasiun kereta di Jepang adalah fasilitas yang disediakan di bangunan baru itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mulai dari fasilitas utama peron 10-11 untuk jalur Depok/Bogor-Manggarai dan sebaliknya berada di lantai 2 sisi barat dan jalur 12-13 Depok/Bogor-Jakarta Kota untuk sisi timur bangunan lantai 2.

Budi mengatakan, modernisasi bangunan stasiun Manggarai ini tidak terlepas dari program double-double track untuk kereta layang yang dibangun secara terintegrasi di Jabodetabek.

Manggarai nantinya akan menjadi pusat perkeretaapian di Jakarta baik unutk perjalanan aglomerasi maupun perjalanan luar kota.

“Ada empat jalur baru dinaikan ke elevated, ke atas (bangunan Stasiun Manggarai), untuk Bogor ke Kota, jadi teman-teman dari Kota ke Bogor (transit di Manggarai) itu naik ke atas,” kata dia.

Bangunan baru ini juga terintegrasi dengan Kereta Bandara Soekarno-Hatta yang berada di bawah stasiun, tepatnya di Jalur 8.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau bangunan baru Stasiun Manggarai, Minggu (26/9/2021).KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau bangunan baru Stasiun Manggarai, Minggu (26/9/2021).

Seiring dengan dibukanya akses transportasi terintegrasi di Stasiun Manggarai, bangunan baru ini juga memiliki akses langsung ke Halte Transjakarta Manggarai.

Akses pintu keluar masuk Stasiun dari Jalan Dr. Saharjo 1 di sisi barat Stasiun sudah bisa dimanfaatkan oleh pengguna KRL.

Bangunan baru ini juga dilengkapi guiding block atau penunjuk jalan untuk sahabat disabilitas dan elevator atau lift bagi mereka yang tak bisa menaiki anak tangga.

Fasilitas canggih penjualan tiket otomatis juga disiapkan, baik untuk pembelian baru ataupun pengisian ulang layanan kartu multi trip dari Commuter Line.

#Menengok #Bangunan #Baru #Stasiun #Manggarai #Menhub #BIlang #Mirip #Stasiun #Jepang

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts