Punya Gejala Sama, Ini Beda Flu dan Covid-19

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Ketika Anda bersin dan batuk, kita pasti takut hal itu terjadi akibat Covid-19. Padahal, bisa saja gejala tersebut hanyalah flu belaka.

Flu dan Covid-19 memang sama-sama disebabkan oleh virus. Gejala yang ditimbulkan juga sama, seperti tidak enak badan, batuk, dan pilek.

Lalu bagaimana cara membedakan antara flu dan Covid-19? Berikut informasinya:

Pakar penyakit menular Kristin Englund mengatakan bahwa Covid-19 dan flu sebenarnya memiliki beberapa perbedaan.

Flu biasanya menyerang saat musim hujan. Penyakit ini bisa terjadi akibat virus influenza. Virus influenza sendiri terdiri dari dua tipe, yaitu influenza tipe A dan influenza tipe B.

Sementara itu, Covid-19 terjadi akibat virus SARS-CoV-2 atau virus corona.

Sejumlah 60% keuntungan dari artikel Health Kompas.com disalurkan untuk warga terdampak Covid-19.

#JernihkanHarapan dengan membagikan artikel-artikel Health Kompas.com yang bermanfaat di media sosial agar lebih banyak warga terbantu. — Bagikan artikel ini

Punya Gejala Sama, Ini Beda Flu dan Covid-19

Flu dan Covid-19 memang sama-sama disebabkan oleh virus. Gejala yang ditimbulkan juga sama, seperti tidak enak badan, batuk, dan pilek.

Bagikan artikel ini melalui

“Covid-19 adalah penyakit baru dimana belum ada kekebalan alami terhadap penyakit tersebut. Karena itu, penyakit ini menyebar dengan cepat ke seluruh dunia,” ucap Englund.

Penyebaran Covid-19 dan Flu

Baik virus Corona dan flu sama-sama ditularkan dari orang ke orang dengan cara yang sama, yaitu melalui tetesan yang keluar dari hidung dan mulut orang yang terinfeksi ketika mereka batuk, bersin, atau berbicara.

Ketika orang lain menghirup tetesan ini (atau menyentuh permukaan yang terkontaminasi virus dan kemudian menyentuh mulut, hidung, atau mata mereka), mereka juga dapat terinfeksi.

Flu dan Covid-19 bisa terjadi tanpa gejala. Ketika terpapar Covid-19 atau flu, Anda disarankan tetap berada di rumah agar tidak menularkannya ke orang lain.

#Punya #Gejala #Sama #Ini #Beda #Flu #dan #Covid19

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts