Bertemu Menlu Serbia, Menlu Retno Sepakati Pengakuan Sertifikat Vaksin Covid-19

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Serbia, Nikola Selakovich pada Minggu (10/10/2021).

Read More

Berbagai isu dibahas dalam pertemuan tersebut, termasuk kerja sama terkait pengakuan sertifikat vaksin Covid-19 kedua negara.

“Dan kami sepakat untuk menyiapkan saling pengakuan sertifikat vaksin,” kata Retno dalam konferensi persnya, Minggu malam.

Selanjutnya, Indonesia secara resmi mengumumkan pencalonan Archive of the First NAM Conference to the Memory of the World program of UNESCO.

Menurut Retno, Serbia mendukung penuh pencalonan tersebut.

“Indonesia dan Serbia akan bekerja sama untuk mencari dukungan dari negara lain negara. Jadi sekali lagi terima kasih banyak atas dukungan ini,” kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Isu lain yang dibahas dalam pertemuan, yakni penguatan di bidang hukum.

Retno mengatakan, kedua negara sepakat untuk membahas tentang perjanjian bantuan hukum timbal balik dan pidana, serta perjanjian ekstradisi awal 2022.

Kemudian, poin selanjutnya tentang kerja sama di bidang ekonomi dan investasi.

Menlu RI mendorong penyelesaian note kesepahaman atau Memorandum of Understandimg (MoU) tentang kerja sama pertanian.

“Pada investasi kita harus bekerja keras untuk membawa investasi dua arah lebih kuat,” ucap Retno.

Dalam pertemuan itu, kedua menlu juga mengadakan penandatanganan MoU kerja sama pengembangan kapasitas diplomatik serta MoU antara dua universitas.

“Jadi, kesimpulannya, Indonesia siap berkontribusi bekerja sama dengan Anda (Menlu Serbia), tidak hanya untuk warga kita, tetapi juga untuk dunia,” kata Retno.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Bertemu #Menlu #Serbia #Menlu #Retno #Sepakati #Pengakuan #Sertifikat #Vaksin #Covid19

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts