7 Atlet PON Positif Covid-19 ke Luar Tempat Isolasi Sebelum Selesai Masanya

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, ada 7 atlet di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang positif Covid-19 dan kembali ke kota asalnya sebelum selesai masa isolasi.

Read More

Hal ini disampaikan Menkes dalam paparannya terkait evaluasi PPKM yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (11/10/2021).

“Kami juga mengamati ada 7 atlet yang sebelumnya sudah terindentifikasi positif berhasil keluar dari tempat isolasi sebelum selesai masa isolasinya,” kata Budi dalam konferensi pers, Senin (11/10/2021).

Menurut dia, 7 atlet tersebut telah berhasil pulang ke tempat asalnya, yakni 1 orang ke Tarakan, 2 orang ke Jambi, 3 orang ke Sidoarjo, 1 orang ke Yogyakarta.

Budi menyampaikan, Presiden Joko Widodo memberikan arahan agar 7 atlet yang sudah pulang ke kota asalnya bisa kembali melakukan karantina di tempat daerahnya masing-masing.

“Dan atas arahan presiden agar 7 atlet yang keburu kembali ke kota asalnya sebelum selesai masa isolasinya ini bisa dikarantina atau diisolasi ke tempat kedatangan,” ujar dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menkes juga mengungkapkan, hingga Senin (11/10/2021), ada 83 orang terpapar Covid-19 dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Menurut Budi, penularan kasus Covid-19 terkonsenterasi di beberapa cabang olahraga (cabor), yakni cabor Yudo, Sepatu Roda, Motorcross, Panahan dan Kriket.

Ia mengatakan, penularan juga terkonsenterasi berdasarkan provinsi asal para atlet, yakni DKI Jakarta, Jawa Timur (Jatim), Jawa Tengah (Jateng), Jambi, dan Bali.

Menkes menduga penularan terjadi di tempat penginapan. Sebab, dalam satu kamar penginapan bisa diisi oleh 4 orang.

“Karena memang kamar yang ditempati para atlet itu satu kamar ditempati sekitar 4 orang atlet, dan saat makan dilakukan makan bersama,” ucap Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Atlet #PON #Positif #Covid19 #Luar #Tempat #Isolasi #Sebelum #Selesai #Masanya

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts