IDI Kudus Fokus ke Ketersediaan Stok Oksigen untuk Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Kudus, Jawa Tengah Ahmad Syaifuddin mengatakan, pihaknya fokus untuk memenuhi ketersediaan stok oksigen guna mengantisipasi gelombang ketiga Covid-19.

Read More

Ia mengatakan, tata kelola klinis dibutuhkan mengingat saat terjadi gelombang kedua Covid-19, Kabupaten Kudus kekurangan stok oksigen.

“Gelombang kedua benar-benar mengalami dan pusingnya minta ampun kalau kita kekurangan stok oksigen, terutama oksigen-oksigen yang likuid maupun tabung sama saja,” kata Ahmad dalam diskusi secara virtual bersama Tim Mitigasi PB IDI, Selasa (12/10/2021).

Ahmad mengatakan, setelah melakukan evaluasi, pihaknya mengoptimalkan oksigen konsentrator.

Kabupaten Kudus, lanjut dia, mendapatkan beberapa bantuan oksigen konsentrator untuk dapat digunakan di tempat isolasi terpusat.

“Kemarin ada bantuan yang masuk ke Kudus sehingga itu akan kita optimalkan yang ada nanti di isolasi-isolasi terpusat sehingga mereka yang masuk ke rumah sakit itu memang dengan kriteria berat dengan saturasi yang sangat rendah,” ujar dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, Ahmad mengatakan, sejumlah rumah sakit di Kabupaten Kudus juga memiliki oksigen likuid dengan kapasitas yang sudah diperbesar.

Lebih lanjut, ia menekankan, sumber ketersediaan oksigen bergantung pada produksi dan distribusi sehingga dukungan dari pemerintah dan produsen sangat diperlukan.

“Kalau kami tetap kami menekankan tata kelola klinisnya, sama yang masuk ke RS yang membutuhkan,” ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#IDI #Kudus #Fokus #Ketersediaan #Stok #Oksigen #untuk #Antisipasi #Gelombang #Ketiga #Covid19

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts