Pertebal Kekuatan Pertahanan Udara, KSAU Resmikan 4 Satuan Baru di Natuna

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Presetyo meresmikan empat satuan baru guna mempertebal kekuatan pertahanan wilayah udara di Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Jumat (22/10/2021).

Read More

Empat satuan TNI AU yang diresmikan pengoperasiannya tersebut adalah Skuadron Udara 52 Lanud Raden Sadjad, Detasemen Pertahanan Udara 475 Paskhas, Detasemen Pertahanan Udara 476 Paskhas dan Detasemen Pertahanan Udara 477 Paskhas.

“Empat satuan ini adalah bukti komitmen kita dalam mewujudkan Angkatan Udara yang disegani di kawasan. Komitmen ini akan terus kita tingkatkan secara bertahap dan berkelanjutan,” ujar Fadjar, dalam keterangan Dispenau, Jumat.

Adapun peresmian empat satuan baru ini ditandai dengan pembukaan selubung papan nama satuan.

Kemudian disusul penandatanganan prasasti serta peninjauan fasilitas perkantoran Skadron Udara 52 dan Detasemen Pertahanan Udara 477 Paskhas.

Fadjar menyatakan, peresmian empat satuan secara serentak ini merupakan bagian dari upaya pembangunan kekuatan TNI AU.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Khususnya dalam hal pengembangan dan validasi organisasi agar terwujud satuan dan sistem kerja yang semakin efektif dan efisien dalam memastikan terlindunginya kedaulatan negara di udara.

Selain itu, satuan yang diresmikan ini juga berperan untuk membantu dan memperkuat jajaran TNI dan TNI AU di wilayah sekitar.

Perannya baik untuk mengamati dan melindungi ruang udara dari berbagai ancaman dan serangan, khususnya dari udara.

Fadjar mengatakan, pengoperasian satuan yang akan mengawaki alat utama sistem persenjataan (alutsista) modern ini membutuhkan pemimpin yang berkarakter tangguh dan teliti dalam mengambil setiap keputusan.

Selain itu, juga dibutuhkan kecerdasan dalam bersikap dan memiliki ketahanan mental yang kuat dalam menghadapi berbagai situasi.

“Jagalah kepercayaan dan amanah ini dengan sebaik-baiknya. Utamakan keselamatan dalam setiap tugas, serta rawatlah berbagai sarana prasarana yang ada, khususnya alutsista, dengan penuh kehormatan dan rasa tanggung jawab,” terang Fadjar kepada prajuritnya.

Adapun pembentukan pembentukan Skadron Udara 52 Lanud Raden Sadjad ini berdasarkan Perkasau 56 tahun 2021 tanggal 15 Oktober 2021.

Sementara pembentukan Detasemen Pertahanan Udara 475, 476, dan 477 Paskhas berdasarkan Peraturan Panglima TNI Nomor 25 Tahun 2019 serta Peraturan Kepala Staf Angkatan Udara Nomor 30 Tahun 2019.

Dalam peresmian ini, Fadjar juga melantik Letkol Pnb Dion Aridito sebagai Komandan Skadron Udara 52 dan Letkol Pas Tatag Wicaksono sebagai Komandan Detasemen Pertahanan Udara 475 Paskhas.

Sementara Komandan Detasemen Pertahanan Udara 476 Paskhas adalah Letkol Pas Habib Yuwono Prasetya, serta Letkol Pas Frian Alfa Risdar sebagai Komandan Detasemen Pertahanan Udara 477 Paskhas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Pertebal #Kekuatan #Pertahanan #Udara #KSAU #Resmikan #Satuan #Baru #Natuna

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts