Bulan Depan, YouTube Music Makin Mirip dengan Spotify

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Google akan membawa perubahan besar pada platform streaming YouTube Music. Dalam pembaruan tersebut, YouTube Music menjadi semakin mirip dengan Spotify.

Read More

Melalui pembaruan ini, pengguna YouTube Music yang tidak berlangganan alias gratisan, hanya akan bisa mendengarkan konten dalam bentuk audio saja, tak lagi bisa menonton video di dalam aplikasi seperti saat ini.

Selain itu, pengguna YouTube Music gratisan juga akan tetap bisa mendengarkan musik meski aplikasi ditutup, sama seperti Spotify. Sebelumnya, hanya pengguna premium atau berlangganan yang bisa menikmati fitur ini.

Hal tersebut diungkapkan pihak Google melalui halaman resmi Google support. Menurut Google, Pembaruan ini akan mulai digelontorkan pada 3 November mendatang di wilayah Kanada.

Google pun akan merilis pembaruan tersebut secara global meski belum diketahui jadwal pastinya.

“Bersamaan dengan pembaruan ini, beberapa fitur akan menjadi eksklusif untuk pendengar YouTube Music Premium, seperti pilihan musik sesuai minat dan lompatan (skip lagu) tanpa batas,” tulis Google.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagi yang tak familiar dengan aplikasi YouTube Music, saat memutar lagu, pengguna akan mendapatkan tab opsi “Song” dan “Video” di atas layar. Opsi ini hadir untuk memudahkan pengguna beralih dari format video ke format audio, atau sebaliknya.

Saat ingin beralih dari mode audio ke video, pengguna harus upgrade ke layanan Music Premium dengan membayar biaya langganan Rp 49.000 per bulannya.

Bila ingin menonton konten video, pengguna YouTube Music gratisan disarankan untuk mengakses aplikasi utama YouTube.

Dengar musik saat aplikasi ditutup

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pengguna YouTube Music gratisan juga tetap akan bisa mendengarkan musik di latar belakang atau meski aplikasi ditutup.

Ini merupakan perubahan besar yang diberikan YouTube Music. Sebab, selama ini, fitur memutar musik di latar belakang khusus diperuntukkan bagi pengguna berbayar.

Sebelumnya, pengguna YouTube Music gratisan harus tetap membuka aplikasi agar lagu-lagu yang diputar bisa terus dimainkan. Ketika aplikasi ditutup, lagu pun ikut berhenti.

Namun, setelah update 3 November, pengguna tetap bisa menikmati lagu di YouTube Music meski sambil membuka aplikasi lain atau saat layar ponsel terkunci.

Berikut adalah rangkuman benefit yang didapatkan oleh pelanggan YouTube Music berbayar dan gratis setelah update 3 November mendatang, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5Google, Jumat (22/10/2021).

Pengguna gratis

  • Dengarkan musik di latar belakang
  • Memutar musik secara acak dengan shuffle play
  • Akses terhadap jutaan lagu dan ribuan playlist secara gratis
  • Akses terhadap musik “mood mix” yang cocok untuk workout, berpergian, dan aktivitas lainnya.

Pengguna premium

  • Mendengarkan lagu tanpa iklan
  • Dengarkan lagu on-demand
  • Menikmati konten audio dan video di YouTube Music
  • Skip track lagu dalam jumlah yang tidak terbatas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Bulan #Depan #YouTube #Music #Makin #Mirip #dengan #Spotify

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts