Perubahan Taktik Babak Kedua Jadi Kunci Kemenangan Persib atas PSS

  • Whatsapp

SOLO, KOMPAS.com – Persib Bandung menaklukkan PSS Sleman 4-2 pada laga pekan kedelapan Liga 1 2021-2022 di Stadion Manahan, Solo, Jumat (22/10/2021).

Read More

Kemenangan diraih dengan susah payah karena Persib sempat tertinggal lebih dulu dari PSS pada menit ke-34 melalui gol Irfan Jaya.

Performa Maung Bandung di babak pertama pun terhitung mengecewakan. Maung Bandung memulai laga dengan tempo lambat dan minim peluang berbahaya.

Persib terlihat kesulitan dalam membongkar pertahanan PSS yang memang menerapkan taktik bertahan. 

Mario Maslac dkk tampil disiplin dalam membentuk pertahanan solid sejak area middle third atau tengah lapangan. Hal inilah yang membuat Persib kesulitan untuk mengembangkan permainan.

Pelatih Persib Robert Rene Alberts mengatakan, ada sejumlah rencana yang tidak berjalan sesuai harapan pada babak pertama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa kesalahan elementer pun kerap dilakukan para pemain, hingga bisa dimanfaatkan lawan untuk mencetak gol.

“Dua babak yang berbeda dari sisi Persib. Saya rasa kami bermain sangat lambat di babak pertama, sangat sedikit inisiatif dari pemain. Kami juga terlalu mudah kehilangan bola dan kecolongan karena kesalahan sendiri,” kata Alberts, sesuai laga.

“Sleman bermain bertahan seakan menerapkan taktik ‘parkir bus’, mereka bermain menunggu kami di belakang. Tadi, kami tidak begitu pintar,” sambung dia.

Akan tetapi, respons tepat dilakukan Alberts setelah jeda. Pelatih asal Belanda itu mengubah skema permainan dari 4-3-3 menjadi 4-4-2 dengan memasukan Wander Luiz dan Geoffrey Castillion.

Masuknya dua penyerang tersebut terbukti keputusan tepat dalam meningkatkan daya gedor Persib. Hasilnya langsung terlihat pada menit ke-55.

Wander Luiz berhasil mencetak gol melalui titik putih. Gol tersebut seakan menjadi momentum bagi Persib untuk membalikan keadaan.

Karena setelah itu, para pemain PSS seperti kehilangan fokus, dan cenderung melakukan kesalahan sendiri.

Persib pun mampu memanfaatkan situasi tersebut, dengan mencetak dua gol hanya dalam kurun waktu lima menit.

Dua gol tersebut disumbangkan Mohammed Rashid pada menit ke-57 dan ke-62.

Persib berhasil mencetak tiga gol cepat untuk membalikan keadaan menjadi 3-1 hanya dalam tempo tujuh menit.

Berbalik unggul, jelas membuat Persib berada di atas angin.

Apalagi, pada menit ke-81 Wander Luiz berhasil mencetak gol keduanya dan memperlebar jarak keunggulan menjadi 4-1.

Hanya saja, kesalahan yang dilakukan Achmad Jufriyanto pada menit ke-86 membuat PSS bisa memperkecil kedudukan menjadi 4-2.

Beruntung bagi Persib, keunggulan mereka bertahan hingga akhir laga.

“Di babak kedua kami coba mengubah formasi, kami mengubah cara bermain dan itu berhasil. Kami bisa membayar kesalahan di babak pertama,” tegas Alberts.

Berkat hasil ini, Pangeran Biru berhasil mempertahankan tren kemenangan setelah di laga sebelumnya mampu mengalahkan Bhayangkara FC dua gol tanpa balas.

Tiga poin yang didapatkan atas PSS membuat Persib berhasil mengamankan posisi tiga besar dalam tabel klasemen sementara Liga 1 2021-2022.

Saat ini, Maung Bandung berada di posisi kedua dengan 16 poin.

Persib kini hanya terpaut dua angka dari PSIS Semarang yang berada di puncak klasemen dan unggul head-to-head atas Bhayangkara FC yang berada di posisi ketiga.

Posisi runner-up bisa saja dipertahankan Persib hingga akhir pekan kedelapan Liga 1 2021-2022.

Namun, dengan catatan Bhayangkara FC kalah dari Bali United di laga lainnya yang akan berlangsung pada Sabtu (23/10/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Perubahan #Taktik #Babak #Kedua #Jadi #Kunci #Kemenangan #Persib #atas #PSS

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts