Dapat Tawaran Kerja Tapi Tak Sesuai Minat? Begini Cara Menolaknya

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah Anda melamar pekerjaan di beberapa tempat, terkadang tawaran kerja datang secara bersamaan.

Tentu saja menjadi hal yang membingungkan ketika harus menolak tawaran kerja ketika Anda sudah melakukan proses wawancara kerja.

Namun demikian, dilansir dari CNN, Sabtu (23/10/2021), cara menolak tawaran kerja merupakan salah satu hal yang penting bagi karir Anda.

Menolak tawaran kerja ini bisa disebabkan oleh berbagai macam alasan, mulai dari gaji yang tak sesuai dengan harapan Anda, hingga Anda sudah mendapatkan pekerjaan lain terlebih dahulu.

“Tentu Anda tidak ingin menolak berbagai kemungkinan, karena dunia ini begitu sempit,” ujar CEO Davis Delk Consulting, Karen Delk.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“(Menolak sebuah tawaran kerja) memberi Anda kesempatan untuk terlihat profesional, selain itu bisa memberi pengalaman bagi Anda untuk menolah sebuah tawaran, di sisi lain, Anda sekaligus bisa membangun hubungan baik dengan perusahaan tersebut,” ujar dia.

Inilah cara menolak tawaran kerja yang bisa Anda ikuti:

  1. Jangan bertele-tele. Anda sudah bekerja keras untuk mencari kerja, sehingga jangan menunda-nunda ketika Anda ingin memberikan respon terhadap tawaran kerja, meski Anda menolak tawaran tersebut. “Beri kesan yang baik dan akhiri dengan tegas,” ujar CEO Great on the Job Jodi Glickman. Bila memungkinkan, lakukan penolakan lewat sambungan telepon, jangan via e-mail.
  2. Tunjukan Anda merasa dihargai dengan tawaran tersebut. Sangat penting bagi Anda menunjukkan penghargaan atau rasa terhormat Anda ketika menolak tawaran pekerjaan. Hal ini penting mengingat waktu yang dibutuhkan untuk kedua belah pihak saling mengirim pesan, baik lewat e-mail, atau aplikasi layanan pesan singkat yang tidak sedikit.
  3. Beri penjelasan. Anda tentu tidak ingin ditolak tanpa ada penjelasan, hal ini berlaku sama ketika Anda menolak tawaran kerja. Beberapa contoh kalimat penolakan tawaran kerja yang bisa Anda gunakan seperti:
    • Saya memutuskan untuk memilih penawaran lain.
    • Saya memilih tawaran dengan tawaran gaji yang lebih besar karena saya juga harus membantu keluarga saya, namun saya sangat berterimakasih atas tawaran yang diberikan.
    • Saya memilih tawaran lain karena posisi yang ditawarkan lebih sesuai dengan bidang yang saya minati.
  4. Gunakan kesempatan untuk membangun jejaring. Meski tawaran kerja tak sesuai dengan keinginan Anda, namun Anda bisa menggunakan tawaran kerja tersebut sebagai kesempatan untuk membangun jejaring. Sehingga, Anda bisa tetap membangun hubungan baik dengan orang-orang yang Anda temui selama proses wawancara kerja. Selain itu, Anda juga bisa salig berhubungan lewat LinkedIn secara profesional.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Dapat #Tawaran #Kerja #Tapi #Tak #Sesuai #Minat #Begini #Cara #Menolaknya

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts