Sepatu Nike Air Ship Bekas Michael Jordan Terjual Hampir Rp 21 Miliar dalam Lelang

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Sepasang sepatu yang pernah dikenakan pebasket legendaris NBA Michael Jordan pada awal kariernya terjual 1.472.000 dollar AS atau sekitar Rp 21 miliar dalam sebuah lelang.

Read More

Melansir AFP, Senin (25/10/2021), sepatu Nike Air Ship tahun 1984 itu terjual dalam lelang yang diadakan oleh Sotheby pada Minggu (24/10/2021).

Sepatu kulit berwarna putih dengan kombinasi logo Nike berwarna merah itu dikenakan Michael Jordan pada pertandingan kelima rookie season saat masih memperkuat tim basket Chicago Bulls.

“Sneaker paling berharga yang pernah ditawarkan di pelelangan, Nike Air Ships yang dikenakan Michael Jordan pada musim reguler dari tahun 1984, baru saja terjual seharga 1.472.000 dollar AS dalam penjualan mewah kami di Las Vegas,” demikian pernyataan resmi Sotheby melalui akun Twitter resmi.

Jika dikonversikan ke Rupiah, maka harga jual sepatu yang pernah dikenakan Michael Jordan itu sekitar Rp 20.880.320.000 atau hampir Rp 21 miliar.

Harga fantastis itu jauh melampaui rekor sebelumnya yang dipegang oleh sepasang sepatu Nike Air Jordans, yang terjual 615.000 dollar AS atau sekitar Rp 8.723.775.000 pada pelelangan Christie, Agustus 2020.

Hadiah dari Michael Jordan

NIKE Foto yang dibuat oleh Nike, saat Michael Jordan berpose dengan latar belakang siluet gedung-gedung pencakar langit di Chicago. Namun, dalam pose kali ini Jordan sudah mengenakan seragam hitam-merah milik klub Bulls Chicago.

Sotheby mengatakan, sepatu itu merupakan hadiah dari Michael Jordan kepada Tommie Tim III Lewis, yang merupakan ball boy untuk Denver Nuggets selama musim 1984-1985.

Sepatu berukuran 13 (47,5 Indonesia) itu secara keseluruhan berada dalam kondisi baik, hanya ada bekas-bekas pemakaian karena pernah digunakan untuk bertanding.

Menurut Sotheby, pasar sepatu olahraga langka saat ini tengah melonjak, terlihat dari rekor harga yang telah beberapa kali dipecahkan dalam waktu dekat.

Satu dekade lalu, pasar sepatu olahraga hanya dilihat sebagai ceruk kecil.

Namun, ceruk itu kini menarik minat masyarakat umum serta kolektor terkemuka.

Khusus untuk barang-barang yang berhubungan dengan Michael Jordan, nilainya diketahui melonjak setelah rilis film dokumenter “The Last Dance”.

Film dokumenter garapan ESPN/Netflix itu menceritakan kisah Jordan dan Chicago Bulls.

Sepatu pertama Jordan

Sepatu Jordan Air Ship Sepatu Jordan Air Ship

Sepatu Air Ship yang menjadi cikal bakal seri Air Jordan dirancang oleh Bruce Kilgore dan awalnya dirilis pada tahun 1984.

Adapun seri Air Jordan kini tak hanya lekat dengan basket, namun telah menjadi salah satu seri sneakers yang diburu oleh penggemar mode.

Sepatu Air Ship adalah sepatu pertama yang dikenakan oleh Michael Jordan sebagai seorang pebasket profesional NBA.

Pada 1984, Jordan yang sudah terkenal karena menjadi bintang basket kampusnya, menandatangani kesepakatan dengan Nike, di mana perusahaan memberinya lini sepatu dan pakaian khasnya sendiri.

Kesepakatan itu adalah yang pertama bagi Nike, dan itu membuka jalan bagi kolaborasi antara merek pakaian dengan pemain.

Sepatu terkenal lain milik Jordan, Nike Air Ship berwarna merah-hitam, pernah memantik kontroversi pada tahun 1984 ketika NBA mengirimkan surat protes kepada Nike.

Surat itu berisi pemberitahuan NBA, bahwa sepatu warna-warni yang dikenakan Jordan selama pertandingan pramusim 18 Oktober 1984 melanggar klausul seragam liga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


#Sepatu #Nike #Air #Ship #Bekas #Michael #Jordan #Terjual #Hampir #Miliar #dalam #Lelang

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts