Mengenal Shopee PayLater: Bunga, Skema Cicilan, dan Dendanya

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Bagi yang kerap membeli barang secara online, tentu sudah tak asing lagi dengan Shopee PayLater atau SPayLater. Sesuai namanya, Shopee PayLater adalah fitur pinjaman atau cicilan yang tersedia dalam e-commerce Shopee Indonesia. 

Read More

Apa itu Shopee PayLater?

Fitur yang mirip kartu kredit ini diperuntukan untuk membantu pembeli yang belum memiliki dana yang cukup, namun membutuhkan suatu barang yang dijual di e-commerce tersebut.

Metode pembayaran tersebut disebut ‘pay later’ yang dalam Bahasa Indonesia berarti ‘bayar kemudian’ ini memungkinkan orang membayar barang yang diinginkan secara bertahap di beberapa bulan ke depan.

Layanan Shopee PayLater adalah disediakan PT Commerce Finance dan perusahaan jasa keuangan lainnya yang bekerja sama untuk memberikan pinjaman bagi pembeli yang berbelanja di Shopee. 

Sebagaimana aplikasi pinjaman online yang terdaftar resmi, PT Commerce Finance diketahui telah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Skema cicilan Shopee PayLater

Konsumen yang melakukan pinjaman harus mengembalikan dana yang dipinjam sesuai cicilan dan jangka waktu yang dipilih. Pilihan cicilan Shopee PayLater yang tersedia yakni tiga bulan, enam bulan, hingga 12 bulan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tagihan Shopee PayLater adalah wajib dibayar sebelum tanggal jatuh tempo agar pembeli yang meminjam dana tidak dikenai denda keterlambatan. Tagihan harus lunas dalam beberapa kali angsuran sesuai dengan masa pinjaman yang dipilih sebelumnya.

Batas pembayaran atau jatuh tempo tagihan Shopee PayLater adalah setiap tanggal 5 di bulan berikutnya setelah tagihan muncul.

Shopee PayLater adalah awalnya memberikan kredit sebesar Rp 750 ribu untuk pengguna baru. Kredit tersebut bisa digunakan untuk membeli barang dengan cara bayar nanti atau dicicil.

Kredit Shopee PayLater yang diberikan oleh Shopee akan terus bertambah sesuai dengan jumlah transaksi yang dilakukan oleh pengguna.

Dok Telkomsel Ketentuan dalam Shopee PayLater adalah mirip dengan pinjaman online. Bunga Shopee PayLater saat ini adalah 2,95 persen dan biaya penanganan 1 persen

Sebaliknya, saat pengguna mengalami keterlambatan pembayaran, maka sistem di Shopee Indonesia akan secara otomatis mengurangi jumlah limit pinjaman. 

Untuk diketahui, penggunaan Shopee PayLater adalah tidak bisa melakukan pembelian pada produk dari kategori voucher, pulsa, tagihan, juga tiket moda transportasi.

Berapa bunga Shopee PayLater? Dikutip dari laman resmi Shopee Indonesia, transaksi menggunakan Shopee PayLater dikenakan biaya cicilan (suku bunga dan biaya-biaya) minimal 2,95 persen. 

Selain bunga Shopee PayLater berjalan, pembeli di marketplace yang menggunaan fitur itu juga dikenakan biaya penanganan sebesar 1 persen per transaksi.

Sementara pabila terjadi keterlambatan pembayaran, maka pengguna akan dikenakan denda sebesar 5 persen. Jumlah denda ini akan terus bertambah apabila pengguna tidak melunasi cicilannya. 

Tak hanya itu, hal itu juga akan berdampak pada peringkat kredit di SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK (dulu dikenal dengan BI Checking) yang dapat mencegah seseorang untuk mendapat pembiayaan dari Bank atau perusahaan lain.

Sebagaimana pinjaman online lainnya, pengguna yang diketahui terlambat melakukan pembayaran dalam jangka waktu tertentu juga dapat mengalami penagihan secara langsung oleh penagih utang alias debt collector.

Meskipun berbelanja di marketplace semakin mudah, termasuk saat dana tidak mencukupi, ada baiknya pembeli tetap dituntut bijak dalam menggunakan Shopee Paylater. 

Pastikan pengguna Shopee PayLater punya kapasitas untuk membayar sebelum memutuskan berutang di pinjaman online ini, seperti memiliki jaminan pendapatan tetap setiap bulannya. 

Berikut ini sejumlah syarat umum bagi pengguna Shopee PayLater:

  • Usia akun Shopee sudah di atas 3 bulan.
  • Akun Shopee sudah terverifikasi mulai dari email, nomor HP, dan KTP
  • Rutin bertransaksi atau belanja di Shopee.
  • Telah update aplikasi Shopee versi terbaru
  • Saat pendaftaran Shopee PayLater, diperlukan KTP
Shopee PayLater adalah skema cicilan di Shopee Indonesia, bunga Shopee PayLater adalah 2,95 persenwilliam Potter Shopee PayLater adalah skema cicilan di Shopee Indonesia, bunga Shopee PayLater adalah 2,95 persen

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Mengenal #Shopee #PayLater #Bunga #Skema #Cicilan #dan #Dendanya

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts