Tak Hanya Polisi dan TNI, Kejati Sulteng Juga Peduli Iklim Investasi IMIP

  • Whatsapp
Kejati Sulteng ke PT IMIP

Rombongan Kejati (Kejaksaan Tinggi) dari Provinsi Sulteng datang berkunjung ke PT IMIP (Indonesia Morowali Industrial Park) pada Rabu (27/10). Kejati Sulteng datang sebagai Satgas Percepatan Investasi yang bertugas mendukung kelancaran investasi dalam negeri terutama di kawasan industri.

Sekedar informasi, Satgas Percepatan Investasi adalah satuan tugas yang dibentuk oleh Presiden Jokowi kala dia meneken Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 11 tahun 2021. Satgas ini terdiri dari Kepolisian dan Kejaksaan Agung.

Read More

Tugas Satgas Percepatan Investasi tidak hanya melakukan pengawalan investasi secara end to end dan membantu menyelesaikan hambatan dalam segala kegiatan usaha, di dalam Kepres juga diteken bahwa harus ada sebuah inisiatif dari Satgas Percepatan Investasi untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi, memastikan penyediaan lapangan kerja serta pengembangan ekonomi regional dan lokal. Terutama di masa pandemi Covid-19  ini. 

Terlebih, Presiden telah menargetkan realisasi investasi dari yang tadinya Rp900 triliun di tahun ini menjadi Rp5.000 triliun pada 2024. 

Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah, Jacob Hendrik Pattipeilohy saat kunjungan kerja bersama rombongan, selain memastikan dan mendukung realisasi investasi di KI IMIP, baik dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) hingga Penanaman Modal Asing (PMA), juga turut membantu apa -apa saja kendala dan hambatan (debottlenecking) yang dialami PT IMIP terkait perizinan berusaha.

“Fungsi kita juga, merekomendasi penindakan administratif kepada pimpinan, kementerian, lembaga, otoritas dan pemerintah daerah terhadap pejabat atau pegawai yang diketahui menghambat pelaksanaan investasi.” ujar Jacob.

“Pada dasarnya, keberadaan Satgas Investasi ini adalah mendukung iklim investasi yang ada di daerah ini khususnya di Morowali ini,” jelas orang nomor satu di Korps Adhyaksa Sulteng kembali.

Mewakili manajemen IMIP, Koordinator Legal and Government Relation (Govrel) PT IMIP, Askurullah mengapresiasi kedatangan pihak Kejati Sulteng sebagai satgas investasi yang turut mendukung kelancaran iklim investasi. Sebagai sebuah Obvitnas, PT IMIP sudah seharusnya didukung oleh semua pihak dan lapisan masyarakat.

Termasuk dari pihak Kepolisian sebagai Satgas Percepatan Investasi, Kapolda Sulteng pun juga pernah berkunjung ke PT IMIP pada Selasa (12/10).

Selain dari Kepolisian, beberapa kali pihak dari TNI datang berkunjung ke IMIP seperti kunjungan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II, Marsekal Madya Imran Baidirus ketika mengunjungi kawasan IMIP pada Kamis, (21/10) dan juga kunjungan Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka, Mayjen TNI Wanti Waranei Franky Mamahit, pada Kamis (16/9/).

Related posts