Cara Melatih Tubuh Bangun Pagi

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Bangun kesiangan adalah problema yang sering terjadi di kaum night owl atau orang yang terbiasa tidur larut malam.  

Sedangkan kaum early bird atau orang yang terbiasa tidur teratur, tak pernah memiliki kesulitan bangun dini hari untuk segera terjun dalam aktivitas rutin. 

Ketika Anda termasuk ke dalam golongan orang-orang yang susah bangun pagi, maka segera evaluasi apa yang membuat Anda tak bisa tidur malam dengan teratur.

Setelah penyebabnya diketahui, barulah ubah pola tidur atau kebiasaan istirahat Anda agar akhirnya bisa terbiasa terbangun pagi hari tanpa siksaan yang berarti.

OcusFocus Ilustrasi Insomnia

Ada banyak hal mengapa beberapa orang tak bisa tidur teratur sehingga tak bisa pula bangun awal di pagi hari.

Melansir dari Sleep Foundation, berikut adalah beberapa penyebabnya:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Mengidap gangguan tidur

Ada banyak gangguan tidur yang membuat beberapa orang tak bisa bangun teratur di pagi hari. Mulai dari insomnia, sleep apnea, hypersomnia dan narcolepsy.

Sleep apnea adalah gangguan tidur di mana di tengah tidur pulas seseorang akan mengalami henti napas selama beberapa saat.

Sedangkan hypersomnia adalah gangguan kebanyakan tidur, di mana seseorang bisa belasan jam tertidur pulas bahkan di waktu-waktu mereka seharusnya beraktivitas.

2. Gangguan ritme sirkadian

Gangguan ritme tidur-bangun sendiri bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari jet lag atau perubahan jadwal kerja dari siang ke malam atau sebaliknya.

Selain gangguan tidur dan gangguan ritme sirkadian, susah tidur malam dan susah bangun pagi juga bisa disebabkan karena stres, anxiety juga depresi.

Langkah melatih tubuh bangun pagi  

Setelah penyebab gangguan tidur malam sudah Anda ketahui, maka segera atasi dengan bantuan medis atau non medis.

Berikut ini, adalah beberapa cara alami yang bisa Anda praktikkan agar siklus tidur malam dan siklus bangun pagi Anda bisa berjalan lancar:

1. Biasakan pola tidur malam yang benar

Untuk membentuk pola tidur malam yang benar Anda harus melakukan beberapa rutinitas harian yang teratur.

Seperti mengatur waktu tidur malam di jam yang sama dan mentaatinya meski di hari libur sekalipun. 

Hindari pula menggunakan barang-barang elektronik di malam hari, mendekati waktu tidur Anda.

2. Menjauhkan alarm dari jangkauan tangan

Atur alarm agar Anda bisa bangun pagi di waktu yang sama, rutinitas ini bisa mendisiplinkan tubuh memiliki jam tidur teratur.Unsplash/Katarzyna Kos Atur alarm agar Anda bisa bangun pagi di waktu yang sama, rutinitas ini bisa mendisiplinkan tubuh memiliki jam tidur teratur.

Letakkan alarm weker atau ponsel jauh dari tempat tidur. Jadi ketika alarm berbunyi di pagi hari, Anda terpaksa harus bangkit dari kasur untuk mematikan suaranya.

Dengan memaksa tubuh bangkit, maka kantuk akan hilang karena Anda dipaksa untuk terjaga dan fokus.

3. Tidur dengan tirai terbuka

Jika Anda selalu susah bangun di pagi hari, Anda bisa membiasakan tidur dengan tirai jendela terbuka.

Dengan tirai terbuka, maka sinar mentari pagi bisa leluasa masuk dan menerpa wajah Anda. Paparan hangat sinar matahari ini bisa dengan otomatis membuat Anda terbangun.

Sinar matahari bisa menjadi alarm alam yang efektif, mengatur ritme sirkadian Anda dengan mengatakan bahwa ini sudah saatnya tubuh terbangun.

Selain tiga cara di atas, Anda bisa pula menggunakan bantuan kafein untuk bisa terjaga dan langsung bersemangat di pagi hari.

Anda tak perlu langsung menenggak kopi panas. Anda cukup menghirup aroma kopi yang ada dan otak akan langsung bisa bangun dan terjaga.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Cara #Melatih #Tubuh #Bangun #Pagi #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts