Pria 69 Tahun Bakar Gerbong Kereta Cepat Shinkansen di Jepang

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Aksi pembakaran gerbong kereta kembali terjadi di Jepang. Kali ini teror dilakukan oleh seorang pria tua bernama Kiyoshi Miyake (69). 

Read More

Dia menyalakan api di kereta Kyushu Shinkansen sedang dalam perjalanan dari stasiun Kumamoto ke stasiun Shin-Yatsushiro, Senin (8/11/2021) pagi sekitar pukul 08.40 waktu setempat. 

Beruntung tidak ada korban jiwa dan korban luka-luka dari kejadian tersebut. Namun karena peristiwa ini kereta berhenti darurat saat perjalanan dari Hiroshima.

Kronologi kejadian

screenshoot Tangkapan layar berita penangkatan pelaku teror di kereta api Shinkansen Jepang

Dikutip dari JapanTimes (8/11/2021) kejadian bermula saat asap dilaporkan mengepul dari gerbong nomor tiga yang saat itu berisi sekitar 30 penumpang. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melansir dari laman NHK kebakaran tersebut memicu alarm darurat. Namun tak berselang lama api bisa segera dipadamkan setelah sebagian kursi terbakar.

Kereta selanjutnya berhenti di Stasiun Shin-Yatsushiro dan polisi yang segera datang lalu menangkap pelaku.

Menurut Polisi Prefektur Kumamoto, Miyake mengatakan pelaku pembakaran terinspirasi dari serangan kereta api Tokyo dan mencoba untuk menirunya.

Pelaku mengaku kepada polisi bahwa ia menyebarkan cairan ke lantai dan melemparkan kertas yang telah dia bakar dengan korek api.

Setelah memindahkan penumpang di gerbong nomor 3 ke gerbong lain, kereta tiba di tujuan akhir sekitar pukul 10.25 waktu setempat. 

Beberapa layanan Shinkansen dihentikan sementara, mengakibatkan penundaan hingga 50 menit dan berdampak pada 900 penumpang.

 

Pengakuan tersangka

Tersangka sedang melakukan perjalanan antara stasiun Kumamoto dan Shin-Yatsushiro dengan sekitar 140 penumpang di dalamnya ketika dia berusaha melakukan pembakaran sekitar pukul 08:45, kata polisi.

Pelaku yang tercatat sebagai warga Fukuoka, diduga memercikkan cairan yang mudah terbakar dan menggunakan korek api yang dibawanya untuk menyalakan api, menurut polisi.

Para petugas polisi yang mendapat laporan langsung berdatangan ke stasiun Shin-Yatsushiro. Sekitar 10 orang langsung menyerbu masuk gerbong nomor 3 untuk mengamankan pelaku tersebut yang tetap duduk saja tanpa perlawanan apa pun saat ditangkap polisi.

 

“Saya lihat kejadian di Keio Line ingin mencoba mengikutinya seperti itu,” ungkap tersangka mengakui perbuatannya kepada polisi saat ditangkap.

Teror “Joker” bakar kereta

Pria berpakaian 'Joker' diduga pelaku penusukan di kereta Tokyo dan melukai 17 orang terekam kamera duduk santai duduk sambil merokok sebelum dia ditahan oleh polisi.MASTER BIRD via TWITTER Pria berpakaian ‘Joker’ diduga pelaku penusukan di kereta Tokyo dan melukai 17 orang terekam kamera duduk santai duduk sambil merokok sebelum dia ditahan oleh polisi.

Sejumlah serangan terhadap kereta api dan stasiun di daerah Tokyo, terjadi belakangan ini.

Sebelumnya pada 31 Oktober 2021 seorang berpakaian ala Joker, penjahat dalam film Batman, melukai 17 orang dan membakar gerbong kereta. 

Dalam kejadian tersebut, satu orang lansia mengalami luka serius akibat serangan penusukan dan pembakaran di Kereta Keio Line itu.

Pelaku serangan kali ini mengaku terinspirasi oleh serangan kereta api sebelumnya yakni yang terjadi di Jalur Odakyu pada bulan Agustus, di mana saat itu penumpang terluka.

Tangkap layar insiden penusukan di kereta api Tokyo, Jepang. Penumpang berlari dari gerbong lain, di mana api menyembur dan banyak penumpang di antaranya melarikan diri melalui jendela kereta.ABC NEWS via INSTAGRAM Tangkap layar insiden penusukan di kereta api Tokyo, Jepang. Penumpang berlari dari gerbong lain, di mana api menyembur dan banyak penumpang di antaranya melarikan diri melalui jendela kereta.

Sementara pada 15 Oktober 2021, dua pria ditikam oleh seorang pria di Stasiun JR Ueno.

Sementara itu, pada akhir Agustus juga terdapat insiden seorang pria menyemprot asam sulfat kepada seorang penumpang lainnya.

Terkait dengan adanya insiden ini Kementerian Perhubungan Jepang meminta semua perusahaan kereta api untuk meningkatkan kewaspadaandan guna memastikan keselamatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


#Pria #Tahun #Bakar #Gerbong #Kereta #Cepat #Shinkansen #Jepang #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts