30 November 2021, Batas Akhir Penggunaan Saldo Pelatihan Peserta Prakerja Gelombang 12-22

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Manajemen pelaksana program Kartu Prakerja mengimbau peserta Prakerja gelombang 12-22 untuk segera menggunakan saldo pelatihan sebelum 30 November 2021.

Read More

Hal itu disampaikan pelaksana Kartu Prakerja melalui unggahan akun Instagram resmi mereka, @prakerja.go.id, Senin (8/11/2021).

Untuk penerima Kartu Prakerja gelombang 12 hingga 22 tahun 2021, ayo gunakan saldo pelatihan kamu sebelum 30 November ini!,” demikian tulis Prakerja.

Apabila telah melewati batas akhir 30 November 2021, semua penerima Kartu Prakerja tidak bisa menggunakan saldo Kartu Prakerja untuk membeli pelatihan.

Dengan demikian, masih tersisa sekitar 20 hari lagi menuju sisa saldo yang tersedia tersebut akan hangus.

Jadi, jangan lupa untuk memanfaatkan saldo pelatihan Kartu Prakerja Sobat dengan maksimal, dan selesaikan pelatihannya segera, ya!,” tutup unggahan tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bantuan pelatihan program Kartu Prakerja Rp 1 juta

KOMPAS.com/ConneyStephanie Cara daftar Kartu Prakerja Gelombang 22

Diketahui, perserta yang lolos Prakerja akan mendapatkan bantuan pelatihan senilai Rp 1 juta dalam bentuk 16 angka Nomor Kartu Prakerja.

Saldo tersebut digunakan untuk membayar pelatihan yang dipilih.

Kemudian, ada insentif pelatihan yang besarannya sesuai dengan anggaran tahun 2021, yakni Rp 600.000 yang diberikan per bulan selama 4 bulan.

Insentif pelatihan ini akan turun jika penerima Kartu Prakerja telah menyelesaikan pelatihan dan ditandai dengan adanya sertifikat.

Bila peserta Program Kartu Prakerja tidak membeli pelatihan pertama sampai pada batas akhir, maka kepesertaan Kartu Prakerja akan dicabut dan tidak akan menerima insentif.

Bahkan usai kepesertaan dicabut, yang bersangkutan tidak bisa ikut seleksi gelombang lagi.

Cara beli pelatihan di program Prakerja

Cara membuat akun Kartu PrakerjaKOMPAS.com/ConneyStephanie Cara membuat akun Kartu Prakerja

Berikut adalah cara untuk membeli pelatihan setelah dinyatakan lolos seleksi Prakerja gelombang 22:

  1. Periksa dashboard untuk melihat 16 angka Nomor Kartu Prakerja. Pastikan kembali apakah saldo pelatihan sudah tersedia atau belum
  2. Bandingkan pelatihan di platform digital
  3. Setelah itu, pilih pelatihan sesuai kebutuhan
  4. Beli pelatihan dan bayar dengan Nomor Kartu Prakerja
  5. Batas waktu pembelian pelatihan adalah 30 hari sejak menerima pengumuman yang ada di dashboard. Bila lewat dari waktu tersebut, maka kepesertaan akan dicabut.

12 juta peserta penerima SK program Kartu Prakerja

Diberitakan sebelumnya, Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja mencatat penerima SK peserta program Kartu Prakerja per awal November 2021 mencapai 12.007.516 orang dengan penerima efektif sebanyak 11.409.032 orang.

Dari angka itu, total 96,7 persen dari penerima efektif dinyatakan selesai pelatihan dan 99 persen di antara mereka yang menyelesaikan pelatihan telah mendapatkan insentif.

Sementara itu, sebanyak 49 persen dari 40 persen penerima Kartu Prakerja yang bekerja adalah wirausahawan.

Sedangkan, 14 persen dari 60 persen penerima Kartu Prakerja yang sebelumnya menganggur akhirnya bekerja sebagai entrepreuner atau pelaku wirausaha.

Data-data tersebut menunjukkan bahwa Program Kartu Prakerja terbukti menyiapkan penerimanya menjadi pelaku wirausaha.

“Hasil survei evaluasi pada penerima Kartu Prakerja mencatat bahwa 72 persen penerima Kartu Prakerja memanfaatkan insentif yang diterimanya sebagai modal usaha,” ucap Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari melalui keterangan tertulis, Senin (8/11/2021).

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo
Infografik: 3 Penyebab Gagalnya Pencairan Insentif Kartu Prakerja

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


#November #Batas #Akhir #Penggunaan #Saldo #Pelatihan #Peserta #Prakerja #Gelombang #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts