Tahun Depan, Pemerintah Siapkan Anggaran PEN Rp 320 Triliun

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah menyiapkan anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) senilai Rp 320 triliun.

Read More

Mantan Menteri Perindustrian ini menyebut, anggaran tersebut akan dialokasikan untuk tiga pos penting, yakni kesehatan, perlindungan sosial, dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Dalam program PEN tahun depan kita akan lanjutkan di sekitar Rp 320 triliun, akan kita matangkan program-program yang terkait dengan kesehatan, perlinsos, dan terkait dengan UMKM,” kata Airlangga dalam peluncuran buku Pembiayaan UMKM, Kamis (11/11/2021).

Airlangga menuturkan, pembiayaan dan insentif untuk UMKM menjadi krusial lantaran menjadi sektor andalan Indonesia menuju Indonesia Emas tahun 2045.

Selama ini, kata dia, pemerintah sudah memberikan banyak bantuan kepada UMKM di tengah pandemi Covid-19. Banpres Produktif Ultra Mikro (BPUM) dan Kartu Prakerja misalnya, mendapat penilaian yang baik dari Bank Dunia (World Bank/WB).

“UMKM ini menjadi andalan kita dan menjadi tiangnya Indonesia dan selama ini pemerintah juga memberikan keberpihakan kepada UMKM yang jumlahnya 64 juta,” ucap Airlangga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sisi lain, pemerintah juga memberikan KUR senilai Rp 185 triliun. Ke depan kata Airlangga, UMKM mesti diarahkan bertransformasi digital mengingat pandemi Covid-19 mempercepat digitalisasi.

Digitalisasi bahkan membuat Bank BUKU IV berkejar-kejaran mencaplok Bank BUKU I untuk ditransformasikan menjadi teknologi finansial (fintech) yang salah satu fungsinya adalah menyalurkan pembiayaan.

“Jadi ini berkait dengan kepentingan Indonesia dalam target presidensi G20, kita harap salah satu yang menjadi andalan Indonesia adalah transformasi digital dan inklusi keuangan. Ini dibahas kemarin dalam G20 Roma, juga peningkatan kredit UMKM, yang arahan Pak Presiden bisa mencapai 24 persen tahun 2024,” pungkas Airlangga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Tahun #Depan #Pemerintah #Siapkan #Anggaran #PEN #Triliun #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts