Apa Perbedaan MotoGP dan WSBK?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Bagi pecinta dunia olahraga balap motor pasti sudah tidak asing lagi dengan MotoGP dan World Superbike (WSBK). Berikut perbedaan MotoGP dan WSBK.

Read More

Ya, ajang balapan “kuda besi” dengan kecepatan super MotoGP dan WSBK adalah dua ajang balapan yang paling digemari di dunia.

Melansir dari situs resmi Redbull.com, kedua ajang balapan ini diatur oleh Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) dengan serangkaian peraturan teknis yang ditetapkan Dorna.

Meski sama-sama menggunakan motor untuk balapan dan diatur oleh FIM, MotoGP berbeda dengan WSBK.

Lantas apa perbedaan MotoGP dan WSBK?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah perbedaan MotoGP dan WSBK:

Dilihat dari sejarahnya, MotoGP lebih dulu muncul daripada WSBK. MotoGP pertama kali digelar pada tahun 1949 di Eropa atau empat tahun setelah Perang Dunia 2 berakhir.

Kala itu, MotoGP sebelumnya dikenal dengan nama FIM Road Racing World Championship Grand Prix.

Sementara itu, WSBK pertama kali diadakan pada tahun 1988 di Amerika Serikat.

2. Anggaran

Dilansir dari situs resmi Redbull.com, soal anggaran, tidak diragukan lagi MotoGP jauh lebih besar daripada World Superbike.

Di MotoGP, sebuah tim dapat membelanjakan sebanyak yang mereka suka untuk motor, pengujian, peralatan, staf, dan lain-lain.

Berbeda dengan tim-tim yang berlaga di Kejuaraan Dunia Superbike. Rata-rata pengeluaran tim-tim WSBK semuanya sangat terbatas.

3. Motor yang digunakan

WSBK Rider Pata Yamaha Toprak Razgatlioglu saat beraksi di Kejuaraan Dunia WSBK 2021.

Meski motor balap yang berlomba di MotoGP dan Kejuaraan Dunia Superbike mungkin terlihat sangat mirip, tetapi tetap ada perbedaannya.

Motor yang digunakan para pebalap MotoGP adalah motor prototype yang tidak diproduksi masal dan tidak dijualbelikan seperti motor biasanya.

Motor yang digunakan pada ajang MotoGP biasanya Yamaha YZR-M1, Honda RC213V, GP Ducati Desmosedici, Suzuki GSX-RR.

Sebaliknya, “kuda besi” yang digunakan para rider WSBK pada dasarnya adalah versi sepeda motor yang diproduksi pabrikan untuk dijual dan dipakai di jalanan. Namun, motor tersebut sudah dimodifikasi sedemikian rupa untuk balapan di sirkuit.

Contoh motor yang digunakan di WBSK adalah Kawasaki ZX-1 Orr, Ducati Panigale V4 R, Yamaha YZF-R1, Honda CBR 1000RR-R Fireblade SP, dan BMW M 1000 RR.

4. Kapasitas mesin

Selain motor, mesin “kuda besi” MotoGP dan WSBK juga berbeda. Untuk mesin motor MotoGP tidak melebihi 1.000cc, menggunakan mesin empat silinder dengan daya maksimum 260 tenaga kuda.

Sejak 2012, mesin dua langkah atau 2-tak dilarang berpartisipasi di MotoGP dan sebagian besar tim saat ini menggunakan mesin 4 silinder dengan desain V4 dan I4.

Sementara itu, untuk WSBK juga melarang menggunakan mesin 2-tak, namun boleh menggunakan mesin 3 dan 4 silinder dengan kapasitas minimun 750cc dan maksimum 1.000cc.

5. Berat motor

Baik pada MotoGP maupun WorldSBK memiliki angka bobot minimum yang harus dipenuhi.

MotoGP memiliki bobot 157 kg, sedangkan WorldSBK alias WSBK sedikit lebih berat, yaitu seberat 168 kg.

6. Musim balapan

Ternyata musim balapan MotoGP jauh lebih lama daripada musim WSBK.

Kejuaraan Dunia MotoGP bisa sampai 19 seri yang biasa digelar dari awal Maret hingga akhir November.

Sementara, kalender Kejuaraan Dunia Superbike hanya memiliki 13 seri dalam semusim yang biasanya berlangsung dari pertengahan Februari hingga akhir Oktober.

7. Sirkuit

Meski beberapa balapan MotoGP dan WSBK diadakan di sirkuit yang sama, tetapi ada beberapa lintasan balap yang diadakan di lokasi berbeda.

Misalnya, di Inggris, MotoGP diadakan di Sirkuit Silverstone. Sedangkan WSBK diadakan di Sirkuit Donnington.

Begitu juga selama ajang balap di Amerika Serikat, balapan MotoGP berlangsung di Circuit of the Americas, Texas.

Sementara, balapan WSBK diadakan di Sirkuit Mazda Raceway Laguna Seca, California.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Apa #Perbedaan #MotoGP #dan #WSBK #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts