Video Viral Kereta Api Barang Bawa 22 Rangkaian Anjlok di Sumsel, Apa Penyebabnya?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Sebuah video yang menampilkan situasi setelah gerbong kereta api barang mengalami anjlok hingga keluar dari rel, viral di media sosial.

Read More

Video tersebut dibagikan akun Instagram ini, pada Sabtu (13/11/2021).

Telah terjadi kecelakaan sebuah kereta api di Stasiun Peninjawan, Karang Dapo, Peninjauan, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Kejadian hari ini, Jum’at (12/11/21) sekitar pukul 17.30 WIB. Untuk penyebab kecelakaan masih dalam penyelidikan,” tulia akun @terang_media.

Dalam video, tampak sejumlah gerbong dalam posisi melintang setelah mengalami anjlok dari rel kereta api di Stasiun Peninjawan.

Hingga Minggu (14/11/2021) malam, unggahan video tersebut telah dilihat lebih dari 800 kali oleh warganet Instagram.

Penjelasan KAI

Saat dikonfirmasi, Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre IV Tanjung Karang, Jaka Jarkasih membenarkan kejadian itu.

Jaka mengatakan, kereta api barang bernomor 3991A membawa 22 rangkaian dari Stasiun Niru, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan menuju Tarahan anjlok di emplasemen Stasiun Peninjauwan pada Jumat (12/11/2021) sore.

“Pukul 17.07, instruksi PPKP persilangan Plb 3054A dan Plb 3991A di Stasiun Peninjauwan,
tiba-tiba KA 3991A anjlok 4 Gerbong nomor 13, 14, 15, dan 16,” ujar Jaka saat dihubungi Kompas.com, Minggu (14/11/2021).

Adapun PPKP adalah Pengendali Perjalanan Kereta Api.

Jaka menuturkan, kereta barang yang dimasinisi oleh Devran Kispawansyah dan asisten masinis Agus Triyanto mengangkut bubur kertas beku milik PT TEL.

“Kerusakan tidak terlalu. Terkait penyebabnya masih dalam pemeriksaan Tim CO (tim pemeriksa),” kata Jaka.

 

Kronologi kejadian

Jaka menuturkan, kejadian bermula saat kereta api barang melintas di jalur 2 Stasiun Peninjauwan dari arah Stasiun Talang Baru-Stasiun Baturaja.

Tiba-tiba, rangkaian gerbong 13, 14,15, dan 16 anjlok keluar jalur kereta api.

“Akibatnya, rangkaian gerbong 13 menabrak jalur 3, dan rangkaian gerbong 14 menabrak gerbong gabus yang sedang parkir di jalur 1, dan untuk gerbong 15 dan 16 keluar dari rel jalur 2,” kata dia.

Jaka memastikan, tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

Jalur perlintasan kereta api, baik dari Lampung maupun menuju ke Prabumulih sempat terganggu dikarenakan jalur perlintasan mengalami rusak dan terhalang oleh rangkaian gerbong yang anjlok. Namun kini telah normal kembali.

“Alhamdulillah evakuasi di lapangan berjalan baik, sehingga penanganan rintang jalan cepat selesai, dan saat ini sudah aman bisa dilewati semua KA,” ujar Jaka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


#Video #Viral #Kereta #Api #Barang #Bawa #Rangkaian #Anjlok #Sumsel #Apa #Penyebabnya #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts