Valentino Rossi Usai Finis Ke-10 di Balapan Terakhir: Ini Istimewa…

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Valentino Rossi mengungkapkan bahwa balapan terakhirnya terasa begitu istimewa di MotoGP Valencia 2021.

Read More

MotoGP Valencia 2021 yang digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, Minggu (14/11/2021) malam WIB, menjadi saksi bisu akhir karier balap Valentino Rossi.

The Doctor, julukan Valentino Rossi, kini telah mengucapkan selamat tinggal kepada dunia balap pada musim ke-26.

Velantino Rossi mengakhiri kariernya dengan sembilan gelar juara dunia, dan tujuh di antaranya diraih di kelas MotoGP.

Pada kelas utama, Rossi tercatat telah menaiki podium sebanyak 199 kali dan mencatatkan 89 kemenangan sejak debut pada 2000 silam.

Torehan tersebut menjadikan Rossi sebagai pebalap dengan catatan podium dan kemenangan terbanyak di MotoGP.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

The Doctor sendiri menutup karier balapnya dengan finis di posisi ke-10 di MotoGP Valencia 2021.

Kendati demikian, Rossi mengatakan finis di 10 besar adalah cara yang istimewa untuk mengakhiri kariernya.

Rossi menilai hal tersebut karena dia sukses menutup perjalanan panjangnya dengan finis bersama pebalap top dunia.

“Balapan itu adalah akhir pekan yang sangat, sangat istimewa,” kata Rossi dalam wawancara terakhirnya sebagai pebalap MotoGP dikutip dari Motorsport.

“Saya sedikit khawatir tentang akhir pekan terakhir dalam karier saya, karena selalu memikirkan momen ini untuk waktu yang lama.”

“Tak akan pernah tahu bagaimana perasaan nantinya, atau apakah bisa tetap berkonsentrasi pada balapan, dan saat-saat sedih.”

“Tapi, itu adalah akhir pekan yang hebat sejak Kamis. Saya menerima banyak kejutan, dari motor di kejuaraan lalu yang saya menangkan, dan anak didik saya yang menggunakan helm saya.”

“Momen perpisahan itu sangat emosional. Saya juga mendapat dukungan dan rasa hormat yang besar dari semua orang di paddock dan semua pebalap MotoGP.”

“Saya membalap dengan baik dan hari ini di balapan saya bisa masuk 10 besar.”

“Jadi, itu berarti saya menutup karier panjang saya dengan 10 pebalap top dunia. Ini sangat penting bagi dan berarti bagi saya,” ungkap Rossi.

Seperti kata Valentino Rossi, perpisahannya memang digelar secara istimewa, salah satunya dengan kejutan dari anak didiknya di akademi balap bernama VR46 Academy.

The Doctor sendiri memiliki sembilan pebalap VR46 Academy di berbagai kelas, dari Moto3, Moto2, hingga MotoGP musim ini.

Pada kelas utama, terdapat Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha), Francesco Bagnaia (Ducati), dan Luca Marini (Avintia Sky VR46) yang merupakan alumni VR46 Riders Academy.

Untuk memberikan penghormatan kepada sang guru, mereka mengenakan helm replika yang pernah dipakai Rossi dalam karier balapnya.

Salah satunya adalah Francesco Bagnaia yang memakai helm Rossi saat menjuarai MotoGP 2004.

Francesco Bagnaia sendiri menjadi yang terdepan di MotoGP Valencia 2021 dan kemenangan itu dipersembanhkan untuk sang guru.

Sementara itu, Valentino Rossi mengatakan bahwa balapan terakhirnya dia lakoni seperti tengah berjuang untuk gelar juara.

“Hari ini saya merasakan motivasi dan konsentrasi seperti bahwa saya harus balapan untuk gelar juara karena balapan terakhir adalah balapan terakhir, itu sangat penting,” tandasnya.

“Hal tersebut tidak mudah karena sejak Senin saya mendapat banyak tekanan, banyak hal yang harus dilakukan.”

“Tapi, bagi saya yang paling penting adalah mencoba untuk menjadi kompetitif dalam balapan karena saya masih pebalap, dan itu adalah emosi yang luar biasa.”

“Hari ini saya membalap dengan sangat baik, saya tidak pernah membuat kesalahan, dan saya memberikan yang maksimal dari awal hingga akhir,” tutut sang legenda menambahkan.

Tambahan enam poin yang diraih Valentino Rossi membuat dia finis di peringkat ke-18 klasemen MotoGP 2021 dengan raihan 44 angka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


#Valentino #Rossi #Usai #Finis #Ke10 #Balapan #Terakhir #Ini #Istimewa #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts