Genap Berusia 6 Tahun, Shopee Indonesia Hadirkan 12.12 Birthday Sale

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Shopee akan merayakan tahun keenam hadir di tengah masyarakat Indonesia dengan menyelenggarakan kembali festival belanja terbesar, Shopee 12.12 Birthday Sale.

Read More

Acara yang diadakan mulai Senin (15/11/2021) hingga Minggu (12/12/2021)  menawarkan berbagai hiburan menarik serta penawaran terbaik, seperti Tanam ShopeePay 12M, Gratis Ongkir XTRA Lebih Banyak, dan Pasti Diskon 50%.

Untuk diketahui, antusiasme masyarakat terhadap berbagai kampanye yang Shopee hadirkan sejak awal 2021 terbilang tinggi. Acara puncak kampanye Shopee 11.11 Big Sale, misalnya, berhasil mencatat peningkatan transaksi terhadap produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) hingga lebih dari delapan kali lipat dibandingkan hari biasa.

Sebagai informasi, kampanye di pengujung tahun merupakan bentuk apresiasi Shopee terhadap seluruh pengguna setia, baik pembeli maupun penjual lokal serta mitra brand yang telah mendukung Shopee dari awal hingga saat ini.

Direktur Shopee Indonesia Christin Djuarto menyampaikan, 2021 masih menjadi tahun yang penuh tantangan dan perubahan, serta menjadi momentum untuk bangkit dan beradaptasi dengan cara baru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sejak awal tahun, Shopee berupaya untuk memberikan semangat dan harapan dengan menghadirkan solusi yang dapat mempermudah pengguna untuk beradaptasi,” jelas Christin dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (16/11/2021).

Melalui ragam inisiatif, lanjutnya, Shopee berupaya merangkul lebih banyak pelaku usaha lokal dapat mengembangkan bisnis dan memperkuat potensi produk lokal ke pasar global.

“Di saat yang sama, fitur-fitur inovatif dan ragam kampanye setiap bulannya kami hadirkan untuk menjawab kebutuhan sesuai dengan preferensi pengguna. Melalui Shopee 12.12 Birthday Sale, kami tidak hanya merayakan pertambahan usia, tetapi juga (menampilkan) kesuksesan yang telah dicapai tahun ini oleh mitra brand, pelaku usaha lokal, serta seluruh pengguna,” ujar Christin.

Shopee pun terus berkomitmen untuk menciptakan dampak positif bagi masyarakat. Tak hanya itu, Shopee ingin menghadirkan peluang baru bagi penjual dan mitra brand. Ini dilakukan sebagai bagian dari visi yang lebih luas untuk mewujudkan ekosistem e-commerce bagi semua orang.

Berikut beberapa inisiatif yang dilakukan Shopee menjelang kampanye 12.12 Birthday Sale.

DOK. SHOPEE Shopee 12.12 Birthday Sale

1. Rayakan potensi produk lokal

Beberapa tahun terakhir, kehadiran produk lokal berkualitas semakin diminati. Dalam rangkaian kemeriahan kampanye 12.12 Birthday Sale tahun ini, Shopee pun bekerja sama dengan Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil Mikro (ASPPUK) untuk memperkuat komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM.

Hal tersebut dilakukan guna menjangkau lebih banyak pelaku UMKM di berbagai daerah dan mendukung pemerataan literasi digital.

Adapun pelaku UMKM binaan ASPPUK menghadirkan berbagai produk olahan tangan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti tas rajut, kain tenun, aksesori, dan camilan khas daerah.

Produk-produk tersebut tidak hanya memiliki potensi yang kuat, tetapi juga nilai budaya atau kultur lokal Indonesia yang mengakar.

Dengan demikian, strategi penguatan potensi produk lokal serta dukungan terhadap pelaku UMKM mengembangkan bisnis dapat direalisasikan. Shopee dan ASPPUK juga menghadirkan pendampingan dan pelatihan.

Materi yang diberikan meliputi konsep bisnis dan cara berjualan online di platform Shopee, cara memanfaatkan fitur-fitur pendukung, serta pengenalan program ekspor agar para binaan dapat memperkuat bisnisnya di ranah digital.

Direktur ASPPUK Emmy Astuti mengatakan, pihaknya menyambut baik inisiatif kolaborasi dengan Shopee dalam rangka kemeriahan kampanye 12.12 Birthday Sale 2021.

“Tantangan utama yang dihadapi oleh binaan pelaku UMKM yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia seperti Sumatera, Aceh, Jawa, Sulawesi, Kalimantan dan berbagai daerah lain adalah minimnya literasi digital sehingga menghambat pengembangan bisnis usaha mikro,” jelas Emmy.

Padahal, potensi dari produk olahan tangan yang dihasilkan sangat kuat. Apalagi, dengan nilai kultur lokal Indonesia yang melekat.

“Melalui kerja sama strategis tersebut, kami berharap Shopee dapat membuka peluang bagi para binaan untuk mengembangkan bisnis mereka melalui pendampingan dan pelatihan keterampilan digital,” harap Emmy.

Dengan demikian, pelaku UMKM dapat meningkatkan kemandirian dan kreativitas bisnis. Para pelaku UMKM binaan juga diharapkan dapat memanfaatkan fitur-fitur serta peluang yang dihadirkan oleh Shopee untuk memperluas jangkauan produk ke pasar yang lebih luas.

Selain kolaborasi tersebut, Shopee juga telah menjalankan berbagai program dan inisiatif bagi para pelaku UMKM sebagai bagian penting dari keluarga besar Shopee.

Beberapa di antaranya adalah Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor yang telah hadir di Solo, Bandung, Semarang, Jakarta dan Jawa Timur yang akan segera dibuka.

Ada pula Shopee Center yang menghadirkan sarana edukasi, pendampingan bisnis, dan perangkat teknologi untuk percepatan digitalisasi UMKM pedesaan di Bandung dan Semarang.

Tidak hanya itu, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan potensi produk lokal unggulan, Shopee juga menghadirkan fitur Shopee Pilih Lokal untuk mendorong dukungan pembeli terhadap brand dan UMKM lokal melalui promosi dan diskon menarik.

Acara tersebut sekaligus menjadi wadah bagi para pelaku usaha lokal untuk meningkatkan eksposur dalam ranah digital.

2. Rayakan akhir tahun

Dalam rangkaian kemeriahan ulang tahun ke-6 Shopee, start-up unicorn ini memberikan rangkaian penawaran terbaik setiap hari. Berikut adalah beberapa penarawaran yang diberikan.

  • Tanam ShopeePay 12M untuk memberikan kesempatan kepada pengguna untuk memenangkan total hadiah ShopeePay Rp 12 miliar dengan memainkan games Shopee Tanam sepanjang periode kampanye berlangsung.
  • Gratis Ongkir XTRA Lebih Banyak untuk memberikan pengguna promo pengiriman secara gratis lebih banyak selama kampanye berlangsung.
  • Pasti Diskon 50%, yakni promosi yang memberikan pengguna akses lebih mudah untuk berbelanja koleksi produk pilihan dengan diskon mulai dari 50 persen.
  • Kejutan Spesial untuk Pengguna yang akan jatuh pada hari puncak kampanye 12.12 Birthday Sale, Minggu atau hari terakhir promosi. Shopee akan menampilkan hiburan Shopee 12.12 Birthday Sale TV Show. Pengguna dapat menyaksikan penampilan spesial dari Tomorrow x Together dalam acara yang akan ditayangkan secara langsung pada di ShopeeLive, RCTI, SCTV, Indosiar, ANTV, MNC TV, RTV dan YouTube Shopee Indonesia.
  • Aktor laga internasional Jackie Chan akan mengisi iklan baru Shopee yang penuh aksi untuk menghibur dan mengajak pengguna dalam perayaan kampanye akhir tahun. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat menyaksikan Brand Ambassador Shopee Indonesia Joe Taslim menampilkan gerakan Goyang Shopee yang terinspirasi dari gerakan-gerakan bela diri pada iklan Shopee 12.12 Birthday Sale.

Shopee 12.12 Birthday SaleDOK. SHOPEE Shopee 12.12 Birthday Sale

3. Shopee Super Awards

Shopee sadar bahwa pencapaian perusahaan hingga saat ini tidak luput dari kolaborasi dan dukungan mitra brand, mitra penjual, dan berbagai pihak.

Shopee Super Awards 2021 pun hadir sebagai acara tahunan untuk mengapresiasi serta memberikan penghargaan kepada berbagai pihak dan figur yang telah menjadi penggerak ekonomi digital di Indonesia.

Terdapat 29 kategori voting dan non-voting yang masuk dalam nominasi Shopee Super Awards 2021. Untuk kategori voting, pengguna dapat berpartisipasi dan menyampaikan dukungan hingga Selasa (30/11/2021).

Bagi Shopee, bisnis lokal merupakan bagian penting dari budaya lokal. Seiring dengan peningkatan kebutuhan akan digitalisasi, Shopee berkomitmen untuk mendukung para pelaku usaha dan membantu mereka berkembang.

Hal tersebut tecermin dari banyaknya pelaku usaha lokal yang berkembang bersama Shopee serta membawa inspirasi bagi masyarakat.

Selain itu, Shopee Super Awards 2021 akan menghadirkan kategori nominasi terbaru khusus untuk UMKM dan mitra brand lokal guna memberikan apresiasi serta semangat untuk terus berkembang dan memperkuat potensi pelaku usaha lokal.

Sebagai mitra brand lokal, Founder Roughneck 1991 Rusli Ikhwan mengatakan bahwa pihaknya sangat senang dapat menjadi bagian dari kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale.

Roughneck 1991 merupakan salah satu mitra brand yang cukup berprestasi. Roughneck 1991 telah menjadi Top 5 Brand Terlaris Kategori Fashion pada kampanye Shopee 11.11 Big Sale dan Shopee 12.12 Birthday Sale 2020.

Selain itu, Roughneck 1991 juga berhasil menjangkau pasar penjualan Malaysia dan Singapura.

“Segala pencapaian yang telah diraih tak luput dari dukungan Shopee yang tak hentinya memberikan semangat kepada pelaku bisnis lokal untuk dapat berkembang dan sukses bersama,” kata Rusli.

Pihaknya pun berharap Shopee dapat senantiasa menghadirkan berbagai inovasi dan inisiatif menarik lain untuk dapat menggerakkan roda perekonomian Indonesia bersama para pelaku bisnis lokal.

“Kami juga berharap, Roughneck 1991 bisa terus menjadi inspirasi bagi brand lokal lain untuk dapat bersaing di pasar global,” harap Rusli.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Shopee 12.12 Birthday Sale, kunjungi shopee.co.id/12-12 dan unduh Shopee secara gratis di App Store atau Google Play Store.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Genap #Berusia #Tahun #Shopee #Indonesia #Hadirkan #Birthday #Sale #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts