Berapakah Suhu Kamar yang Ideal untuk Tidur Nyenyak?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Apakah Anda sering sulit untuk memejamkan mata di malam hari? Jika jawabannya “ya”, cobalah untuk mengatur suhu kamar Anda.

Menurut psikolog Michelle Drerup suhu ideal kamar tidur adalah 15 hingga 19 derajat celcius.

Pada temperatur tersebut, Anda bisa tidur dengan tenang dan kualitas tidur pun meningkat.

Pengaruh suhu dengan kualitas tidur

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan masalah tidur, salah satunya adalah suhu. Menurut Drerup, suhu kamar yang terlalu anas atau dingin membuat kita sulit tidur.

Saat kita tidur, suhu tubuh inti tubuh kita menurun, jadi kita membutuhkan panas untuk mendapatkan kehangatan dan kenyamanan.

Sebaliknya, saat suhu terlalu panas atau lembapp, kita akan merasa gelisah dan sulit tidur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebab, panas mengganggu tahap tidur REM. Saat cuaca anas, suhu tubuh akan naik sehingga proses tidur REM juga terhambat.

Di sisi lain, suhu kamar yang terlalu dingin juga membuat tubuh kita akan bekerja keras untuk mencoba menghangatkan diri.

Pembuluh darah menjadi menyempit, pernapasan menjadi dangkal dan memberi tekanan ekstra pada sistem kardiovaskular kita untuk mengatur suhu tubuh kita kembali.

Seiring bertambahnya usia, tubuh kita mengalami banyak perubahan seperti terjadinya penurunan suhu tubuh dan penurunan melatonin (hormon yang dilepaskan pada malam hari yang terkait dengan kontrol tidur) dan tingkat kortisol (hormon stres).

#Berapakah #Suhu #Kamar #yang #Ideal #untuk #Tidur #Nyenyak

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts