Cara Mengaktifkan KAIPay untuk Bayar Tiket Kereta Api

  • Whatsapp

KOMPAS.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan inovasi pembayaran dengan meluncurkan dompet digital KAIPay.

Read More

Fitur ini dapat diakses masyarakat melalui aplikasi KAI Access.

“KAIPay merupakan bagian dari transformasi digital yang saat ini tengah KAI gencarkan untuk mengakselerasi kemajuan perusahaan,” ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo melalui keterangan tertulis seperti dikutip Kompas.com, Jumat (19/11/2021).

Didiek menjelaskan, KAIPay merupakan layanan uang elektronik yang disematkan pada aplikasi KAI Access milik KAI.

Melalui KAIPay transaksi pembayaran akan semakin praktis karena pelanggan tidak perlu berpindah aplikasi mulai dari pemesanan tiket hingga pembayaran.

Manfaat KAIPay

Selain untuk melakukan pembayaran tiket kereta api, KAIPay juga dapat digunakan untuk membayar layanan first mile dan last mile, serta berbagai produk dan jasa yang tersedia di aplikasi KAI Access.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perusahaan pelat merah ini menjamin keamanan pembayaran dengan KAIPay, salah satunya dengan memerlukan PIN KAIPay sebagai verifikasi pembayaran setiap transaksi.

Didiek menegaskan, pembayaran dengan KAIPay bebas biaya tambahan lainnya, sehingga pelanggan hanya perlu membayar sesuai tarif yang tertera.

 

Adapun untuk dapat menggunakan KAIPay, pelanggan harus memperbarui aplikasi KAI Access minimal ke versi aplikasi 4.7.4 pengembangan versi 104.

Setelah itu, pada halaman beranda, klik ikon KAIPay untuk melakukan aktivasi dengan melengkapi identitas dan melakukan verifikasi OTP yang dikirim via Whatsapp atau SMS.

Apabila berhasil, pelanggan akan diarahkan membuat PIN KAIPay untuk keamanan transaksi, dan proses pengaktifan KAIPay selesai.

Pantauan Kompas.com, pengiriman kode OTP dilakukan atas nama Kaspro ID dengan centang warna hijau.

Sebagai informasi, Kaspro telah bekerjasama dengan PT KAI dan mendapatkan persetujuan dari Bank Indonesia (BI).

“KAIPay akan muncul menjadi salah satu opsi pada menu metode pembayaran yang dapat pelanggan gunakan untuk menyelesaikan transaksi,” tutur Didiek.

Pengisian saldo KAIPay dapat dilakukan melalui ATM, internet banking, mobile banking, sms banking, maupun gerai ritel.

Selama program promo berlangsung, pelanggan tidak dikenai biaya administrasi apa pun atau Rp 0.

Berikut cara pengisian saldo KAIPay:

1. Buka aplikasi KAI Access dan pilih menu KAIPay di halaman beranda

2. Klik ikon KAIPay, pilih menu “Cara Isi Saldo”

3. Akan tertera beberapa pilihan metode pengisian saldo, baik dari ATM, internet banking, mobile banking, SMS banking, atau gerai ritel

4. Klik metode yang diinginkan, akan muncul nomor Virtual Account, dan ikuti langkah selanjutnya sesuai yang tertera

Sebagai contoh melakukan pengisian saldo KAIPay dengan internet banking, pilih bank yang digunakan untuk mengisi saldo, dan akan muncul nomor Virtual Account.

Setelah itu, top up nomor Virtual Account tersebut dengan kode format yang telah tertera dan ikuti instruksi untuk menyelesaikan transaksi.

Pihak perusahaan menyampaikan akan terus mengembangkan fitur KAIPay, agar dapat melakukan transfer antar sesama KAIPay hingga pembayaran di merchant yang mendukung QRIS.

Untuk informasi lebih lanjut terkait KAIPay, masyarakat dapat menghubungi contact center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial resmi KAI121.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Cara #Mengaktifkan #KAIPay #untuk #Bayar #Tiket #Kereta #Api #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts