Saat Supersaurus Dinobatkan sebagai Dinosaurus Terpanjang di Dunia…

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Supersaurus, salah satu spesies dinosaurus berjenis leher panjang dan ekor panjang, kini dinobatkan menjadi dinosaurus dengan ukuran tubuh terpanjang di dunia.

Read More

Melansir Business Insider, Kamis (18/11/2021) Supersaurus memiliki panjang tubuh 41 meter apabila diukur dari ujung hidung hingga ujung ekor.

Dengan ukuran tersebut, Supersaurus memiliki tubuh yang lebih panjang daripada tiga unit bus sekolah yang diparkir berurutan.

Fakta tersebut diketahui setelah Brian Curtice, seorang paleontologis dari Museum Sejarah Alam Arizona, selesai menganalisis tulang-belulang Supersaurus.

Sempat disangka tiga dinosaurus berbeda

Curtice menganalisis kumpulan tulang raksasa dari Dry Mesa Dinosaur Quarry, sebuah situs seluas 55 hektar di Colorado, Amerika Serikat.

Ia memastikan bahwa fosil-fosil tersebut pasti berasal dari Supersaurus, karena mereka cocok dengan ukuran dan struktur kerangka Supersaurus lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelum analisis Curtice, seorang pekerja lapangan bernama Jim Jensen sempat mengategorikan tulang-tulang itu sebagai milik tiga Sauropoda (dinosaurus dengan leher dan ekor panjang) yang berbeda, yakni Supersaurus, Ultrasauros, dan Dystylosaurus.

Ketika memetakan tulang-tulang tersebut, Curtice menyadari bahwa lubang tempat fosil itu ditemukan berisi satu hewan besar, dan bukan beberapa ekor.

Supersaurus dibandingkan dengan dinosaurus pemakan daging Allosaurus
(Sean Fox/Gustavo Monroy/Fossil Crates) Supersaurus dibandingkan dengan dinosaurus pemakan daging Allosaurus

Curtice mengatakan, tulang-tulang terbesar semuanya ditemukan di tempat yang sama.

Menurutnya hal itu masuk akal, karena kebanyakan tulang Supersaurus akan terlalu berat untuk diangkat atau diterbangkan oleh angin.

Setelah melakukan pengukuran, Curtice menemukan bahwa Supersaurus memiliki tulang belikat dengan panjang sedikitnya 2,4 meter, panjang kaki lebih dari 3,6 meter, panjang leher setidaknya 15 meter, dan panjang ekor setidaknya 18 meter.

Meskipun penelitiannya masih menunggu ulasan dari akademisi lain, namun Curtice telah mempresentasikan penemuannya itu pada pertemuan tahunan Society of Vertebrate Paleontology yang digelar pada awal bulan ini.


Terpanjang tapi bukan terberat

Fabien Knoll dan Lara Sciscio
Perbandingan dinosaurus raksasa dengan manusia

Melansir Live Science, Senin (15/11/2021) Supersaurus mungkin dinosaurus terpanjang yang pernah tercatat, tetapi bukan yang terberat.

Gelar dinosaurus terberat dimiliki oleh Argentinosaurus, yang beratnya diperkirakan mencapai lebih dari 90 ton, atau hampir dua kali lipat berat Supersaurus.

Sementara itu, meski mendapat gelar sebagai dinosaurus terpanjang, namun Supersaurus bukan hewan terpanjang yang pernah tercatat.

Hewan terpanjang di dunia yang pernah tercatat adalah Siphonophore sepanjang 45 meter.

Siphonophore adalah makhluk tembus pandang dan berserabut yang, seperti koral, tersusun dari binatang-binatang liar yang lebih kecil.

Siphonophore hidup di ngarai bawah laut di lepas pantai Australia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


#Saat #Supersaurus #Dinobatkan #sebagai #Dinosaurus #Terpanjang #Dunia #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts