Per Oktober 2021, Kredit Perbankan Tumbuh 3,24 Persen

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan, kinerja sektor perbankan terus mengalami perbaikan hingga Oktober 2021.

Read More

Hal itu terefleksikan dari fungsi intermediasi perbankan pada Oktober yang kembali mencatatkan tren peningkatan, dengan kredit tumbuh sebesar 3,24 persen secara tahunan (year on year/yoy) atau 3,21 persen sejak awal tahun 2021 (year to date/ytd).

Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik Anto Prabowo mengatakan, secara sektoral, kredit sektor utama tercatat mengalami peningkatan terutama pada sektor manufaktur dan rumah tangga, dengan peningkatan masing-masing sebesar Rp 5,3 triliun dan Rp 8,8 triliun.

 

“Hal ini mencerminkan dukungan perbankan dalam pemulihan ekonomi nasional semakin membaik,” kata dia, dalam keterangannya, Kamis (24/11/2021)

Sementara itu dari sisi pendanaan, penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) mencatatkan pertumbuhan sebesar 9,44 persen secara yoy.

Seiring dengan membaiknya kinerja sektor jasa keuangan domestik, OJK mencatat profil risiko lembaga jasa keuangan pada Oktober 2021 tetap terjaga baik dengan rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) net tercatat turun jadi 1,02 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sedangkan NPL gross industri perbankan berada di level 3,22 persen,” kata Anto.

Selain itu, restrukturisasi kredit Covid-19 masih melanjutkan tren penurunan di Oktober 2021.

Jika dilihat secara sektoral, sektor ekonomi utama yang terdampak Covid-19, yaitu perdagangan dan manufaktur, telah menunjukkan perbaikan dengan pergerakan masing-masing sebesar -23,1 persen yoy dan -35,9 persen yoy.

Adapun likuiditas industri perbankan pada Oktober 2021 masih berada pada level yang memadai.

Hal itu terlihat dari rasio Alat Likuid atau Non-Core Deposit dan Alat Likuid/DPK masing-masing sebesar 154,59 persen dan 34,05 persen.

“Yang berarti di atas ambang batas ketentuan masing-masing pada level 50 persen dan 10 persen,” tutur Anto.

 

Anto menyebutkan, industri perbankan juga mencatatkan peningkatan CAR menjadi sebesar 25,34 persen, atau jauh di atas threshold.

“OJK secara konsisten melakukan asesmen terhadap perekonomian dan sektor jasa keuangan bersama dengan Pemerintah dan otoritas terkait lainnya serta para stakeholder dalam rangka menjaga stabilitas sistem keuangan di tengah momentum akselerasi pemulihan ekonomi nasional,” ucap Anto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Oktober #Kredit #Perbankan #Tumbuh #Persen #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts