Pemkot Jakbar Andalkan Sumur Resapan untuk Atasi Banjir di Jalan Haji Briti Kembangan

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Sumur resapan dijadikan andalan dalam mengantisipasi terjadinya genangan di kawasan rawan banjir Jalan Haji Briti, Kembangan Selatan, Kembangan, Jakarta Barat.

Read More

“Dari SDA kecamatan sudah membuat titik di mana sumur resapan supaya minimal bisa menampung sedikit kalau ada melimpah air dari kali,” kata Camat Kembangan Joko Mulyono saat dikonfirmasi, Jumat (26/11/2021).

Joko mengatakan, sumur resapan tersebut nantinya akan menampung air yang tergenang akibat meluap dari aliran kali Pesanggrahan.

Joko percaya, sumur resapan sudah cukup efektif untuk memperlambat genangan. Namun, untuk memaksimalkan pengurangan debit air banjir, Joko menyebut pembuatan water trao atau embung lebih efektif.

“Sumur resapan cuma tiga meter kali satu setengah, kalau enggak salah. Jadi memang daya tampung itu tidak semaksimal dibandingkan embung atau water trap,” jelas dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Jadi sumur resapan itu hanya berfungsi mengurangi air limpahan saja. Makanya kita usulkan ke SDA di daerah-daerah rawan genangan, agar sumur resapan bisa diperbanyak. Mudah-mudahan bisa mengurangi sedikit,” kata Joko.

Selain sumur resapan, pihaknya juga sudah mengajukan pembangunan sheed pile di bantaran kali. Namun pengajuan itu hingga saat ini masih diproses oleh Pemerintah Provinsi.

Adapun, hingga saat ini, Kecamatan Kembangan memiliki 400 sumur resapan yang tersebar di seluruh wilayah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Pemkot #Jakbar #Andalkan #Sumur #Resapan #untuk #Atasi #Banjir #Jalan #Haji #Briti #Kembangan #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts