9 Provider Internet dan Daftar Harganya untuk Pasang WiFi di Rumah

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Di era yang serba online seperti saat ini, koneksi internet sudah menjadi kebutuhan penting bagi banyak orang.

Read More

Karena dengan internet, orang bisa melakukan hapir semua hal mulai dari bekerja dan belajar online, main game, membayar tagihan, belanja, mencari informasi, berkomunikasi, dan masih banyak lainnya.

Khusus untuk internet di rumah, kebanyakan orang lebih mengandalkan Wi-Fi dari layanan internet fixed broadband (kabel fiber optik).

Di Indonesia sendiri, ada sembilan internet service provider (ISP) yang bisa dipilih masyarakat untuk menyediakan koneksi internet di rumahnya. Apa saja?

1. IndiHome

(Dok. IndiHome) Hingga akhir 2020, IndiHome berhasil membentangkan jaringan fiber optic sepanjang 166.343 kilometer di seluruh wilayah Nusantara, mulai dari pusat kota hingga pelosok desa

Siapa yang tak tahu IndiHome? Provider internet yang disediakan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Telkom Group ini terbilang pemain lama di pasaran.

Menurut pantauan KompasTekno di situs resmi, layanan internet dari IndiHome sudah hadir hampir seluruh wiayah Indonesia, dari mulai Sabang sampai Merauke.

Untuk pilihan produk, IndiHome menawarkan paket internet (1P/internet only) dengan tarif bulanan dan kecepatan beragam. Mulai dari 30 Mbps seharga Rp 330.000 per bulan hingga 100 Mbps seharga Rp 790.000 per bulan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain paket internetan, IndiHome juga menyediakan paket internet+telepon (2P) dan paket internet+telepon+TV kabel (3P). Harganya pun beragam bergantung pilihan paketnya, mulai dari Rp 275.000 hingga paling mahal Rp 1.725.000.

Daftar harga paket internet, teleponan, dan TV kabel IndiHome bisa disimak selengkapnya melalui tautan berikut ini.

2. FastNet (First Media)

Logo First MediaWikipedia Logo First Media

Provider internet lainnya adalah First Media dari PT Link Net Tbk. ISP ini menawarkan sejumlah paket layanan internet yang dibundel bersama TV kabel.

Kecepatan internet yang ditawarkan beragam mulai dari 20 Mbps, 30 Mbps, 50 Mbps, 100 Mbs, hingga paling tinggi 300 Mbps.

Yang paling murah, ada paket Family Plus HD (up to 20 Mbps, 134 channel TV, streamtainment) seharga Rp 384.000 per bulan.

Untuk kecepatan internet yang lebih tinggi, pengguna bisa memilih paket Elite X1 4K (up to 50 Mbps, 175 channel TV, streamtainment) seharga Rp 644.000 per bulan atau paket Supreme X1 4K (up to 100 Mbps, 202 channel TV, streamtainment) seharga Rp 954.000.

Daftar harga paket internetFirst media bisa dilihat selengkapnya melalui tautan berikut ini.

3. Biznet Home

Penyedia layanan internet, Biznet HomeBiznethome.net Penyedia layanan internet, Biznet Home

ISP selanjutya adalah Biznet Home. Provider internet ini dinobatkan sebagai penyedia layanan internet terkencang di Indonesia untuk kuartal II dan III-2021, menurut data Speedtest Intelligence.

Biznet menyediakan layanan internet saja atau layanan internet yang dibundel dengan TV kabel dengan beragam pilihan harga.

Untuk paket internet, Biznet menyediakan paket internet bebas FUP dan kuota unlimited mulai dari 75 Mbps (Rp 325.000 per bulan) hingga paling tinggi 175 Mbps (Rp 700.000 per bulan).

Untuk paket internet+TV kabel, ada paket Home Combo 1C seharga Rp 575.000 per bulan, untuk internet up to 85 Mbps dan akses ke 54 channel TV kabel.

Namun perlu dicatat, ketersediaan jenis paket berikut harga berlangganan Biznet Home ini dapat berbeda-beda tergantung area lokasi tempat tinggal pengguna.

Untuk daftar harga berikut ketersediaan paket untuk Pulau Jawa, Bali, Batam, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara dapat dilihat selengkapnya melalui tautan berikut ini.

Kantor MyRepublicmyrepublic.net Kantor MyRepublic

Bagi Anda yang tengah mencari layanan internet untuk di rumah atau pun di kantor mungkin My Republic bisa menjadi salah satu pilihan.

Perusahaan ini dikelola oleh PT Innovate Mas Indonesia dan PT Eka Mas Republik yang merupakan bagian dari Sinarmas Group.

My Republic menyediakan berbagai pilihan paket internet yang sudah dibundel dengan TV kabel.

Misalnya, ada paket Jet MyRepublic (up to 20 Mbps + 63 channel TV) seharga Rp 319.000 per bulan.

Ada pula paket Fast MyRepublic (up to 50 Mbps + 75 channel TV) seharga Rp 489.000 hingga paket Gamer MyRepublic yang paling mahal (up to 150 Mbps + 75 channel TV) seharga Rp 819.000.

Untuk daftar harga dan paket MyRepublic selengkapnya dapat disimak melalui tautan berikut ini.

Ilustrasi layanan internet Hi-Speed dari Transvision.transvision.co.id Ilustrasi layanan internet Hi-Speed dari Transvision.

Selain empat provider internet di atas, layanan internet Hi-Speed dari Transvision juga bisa dijadikan pertimbangan Anda untuk menyedaikan koneksi Wi-Fi di rumah.

Transvision sendiri disediakan oleh Trans Media di bawah naungan CT Corp. Hi-Speed dari Transvision ini menawarkan dua paket langganan.

Pertama, ada paket langganan internet+ TV kabel + Mola TV apps dengan kecepatan internet 30 Mbps hingga paling tinggi 100 Mbps. Harga paket langganan pertama ini dibanderol paling murah Rp 319.000 per bulan hingga paling mahal Rp 838.000 per bulan.

Kedua, ada paket langganan internet+TV kabel dengan kecepatan internet 30 Mbps (Rp Rp 269.000 per bulan), 50 Mbps (Rp 368.000 per bulan), serta paling tinggi 100 Mbps (Rp 568.000).

Daftar harga dan paket Hi-Speed dari Transvision selengkapnya dapat disimak melalui tautan berikut ini.

Ilustrasi MNC Play.mncplay.id Ilustrasi MNC Play.

Rekomendasi penyedia internet lainnya adalah MNC Play. Penyedia layanan internet dan TV kabel dari PT MNC Kabel Mediacom di bawah naungan MNC Group.

Dalam situs resminya, layanan MNC Play ini disebut menggunakan 100 persen teknologi fiber optik, kecepatannya hingga 10 Gbps, dan sudah hadir di total 9 kota besar Indonesia (Pulau Jawa dan kota Medan).

Untuk paket langganan, MNC Play menyediakan paket yang berbeda untuk konsumen di area Medan dan beberapa kota di Pulau Jawa.

Secara umum, paket berlangganan dibedakan berdasarkan kategori bulan langganan, yakni 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan.

Beragam pilihan paket internet yang disediakan mulai dari 6 Mbps, 10 Mbps, 30 Mbps, 70 Mbps, hingga tinggi 200 Mbps. Harganya mulai dari paling murah Rp 179.000 per bulan hingga paling mahal Rp 849.000 per bulan.

Harga paket internet tersebut berbeda-beda sesuai dengan kategori bulan langganan yang dipilih dan lokasi tempat tinggal Anda.

Untuk lebih jelasnya, daftar paket internet MNC Play berikut harganya dapat dilihat melalui tautan berikut ini.

Ilustrasi provider internet Megavision.megavision.net.id Ilustrasi provider internet Megavision.

Bagi Anda yang tinggal di wilayah Jawa Barat, tepatnya di daerah Bandung dan Bogor, Megavision mungkin bisa jadi pilihan provider internet Anda.

Seperti ISP lain, Megavision juga menyediakan beragam paket internet yang sudah dibundel dengan layanan TV kabel. Ada dua paket berlangganan yang disediakan oleh Megavision, yaitu paket Silver dan Gold.

Baik paket Silver dan Gold, keduanya memiliki varian kecepatan internet yang sama, yakni 10 Mbps, 20 Mbps, 30 Mbps, 40 Mbps, 50 Mbps, hingga 100 Mbps.

Perbedaannya hanya terletak dari banyaknya akses ke channel TV kabel. Untuk paket Silver dapat akses 59 channel TV kabel, sementara paket Gold dapat akses ke 98 channel TV.

Paket Silver dibanderol paling murah Rp 229.000 per bulan dan yang paling mahal Rp 499.000. Sedangkan paket Gold dibanderol paling murah Rp 279.000 per bulan dan yang paling mahal Rp 549.000.

Daftar harga dan varian paket untuk pelanggan Megavision di daerah Bandung dan Bogor dapat dilihat selengkapnya melalui tautan berikut ini.

ilustrasi provider internet CBN.cbn.id ilustrasi provider internet CBN.

Provider internet lain yang bisa jadi pertimbangan adalah CBN.

Layanan CBN yang disediakan oleh PT Cyberindo Aditama sudah hadir di 20 kota besar yang ada di Pula Jawa, Bali dan Sumatera. Termasuk di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Gianyar, Medan, hingga Palembang.

Seperti provide lainnya, layanan internet CBN ini juga sudah dibundel dengan layanan TV kabel. Ada tiga paket langganan yang disediakan CBN, yaitu:

  • Fiber 20 (up to 40 Mbps) seharga Rp 299.000 per bulan.
  • Fiber 50 (up to 100 Mbps) seharga Rp 399.000 per bulan.
  • Fiber 100 (up to 100 Mbps) seharga Rp 799.000 per bulan

Harga dan promo layanan internet CBN bisa disimak selengkapnya melalui tautan berikut ini.

Ilustrasi provider internet Groovy.groovy.id Ilustrasi provider internet Groovy.

Terakhir, Groovy bisa masuk dalam list provider internet pilihan bila Anda tinggal di wilayah Jabodetabek dan Bandung.

Groovy menyediakan tiga paket langganan internet, yaitu Level 1 (personal, 10 Mbps) seharga Rp 295.000 per bulan, Level 2 (Couples, 20 Mbps) seharga Rp 405.900 per bulan, dan Level 3 (Family, 30 Mbps) seharga Rp 515.000 per bulan.

Bila dirasa terlalu mahal, Groovy juga menyediakan opsi bayar paket langganan tahunan dengan diskon hingga 33 persen. Groovy juga menyediakan paket layanan internet+TV kabel.

Harga dan promo layanan internet Groovy bisa disimak selengkapnya melalui tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Provider #Internet #dan #Daftar #Harganya #untuk #Pasang #WiFi #Rumah #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts