Tel Aviv Ambil Alih Posisi Hong Kong sebagai Kota Termahal di Dunia

  • Whatsapp

HONG KONG, KOMPAS.com – Posisi kota termahal di dunia kini diduduki oleh Tel Aviv. Kota yang terletak di Israel tersebut menduduki posisi pertama kota termahal di dunia, atau naik empat peringkat dari tahun lalu berdasarkan laporan Worldwide Cost of Living Index yang diterbitkan oleh Economist Intelligence Unit.

Read More

Dilansir dari CNN, Rabu (1/12/2021), Tel Aviv untuk pertama kalinya menduduki posisi pertama kota terkaya di dunia, mengambil alih posisi tersebut dari Paris, Zurich, serta Hong Kong yang tahun lalu ketiganya menduduki posisi pertama.

Saat ini, Paris menduduki posisi kedua bersama dengan Singapura. Sementara Zurich menduduki posisi keempat dan Hong Kong kini berada di posisi kelima kota terkaya di dunia.

Dilansir dari The Guardian, Tel Aviv menempati posisi pertama lantaran terjadi lonjakan inflasi yang mendorong kenaikan harga-harga di kota tersebut akibat pandemi Covid-19, seperti kenaikan tarif transportasi serta harga bahan pangan.

Tel Aviv menduduki posisi kedua kota dengan harga minumal beralkohol dan tarif transportasi termahal di dunia, serta nomor lima sebagai kita dengan tarif perawatan pribadi dan keenam untuk tarif rekreasi termahal di dunia.

Selain itu, juga disebabkan oleh mata uang Israel, shekel, yang menguat secara signifikan terhadap dollar AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk diketahui, Worldwide Cost of Living Index disusun dengan membandingkan biaya hidup dari 173 kota di seluruh dunia. Secara keseluruhan, ada 200 jenis produk dan layanan jasa yang digunakan di keseharian.

Pembanding utama dalam indeks ini adalah kota New York, sehingga kota-kita dengan mata uang yang lebih kuat ketimbang dollar AS kemungkinan akan menduduki posisi atas dalam peringkat tersebut.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, posisi teratas indeks tersebut didominasi oleh kota-kota di negara Eropa dan Asia maju. Sementara itu, kota-kota dengan peringkat terendah adalah kota-kota di negara kawasan Timur Tengah, Afrika, dan negara kawasan Asia yang cenderung tak begitu kaya.

Secara lebih terperinci, berikut adalah 10 kota terkaya di dunia berdasarkan Wordlwide Cost of Living Index:

  1. Tel Aviv
  2. Paris
  3. Singapura
  4. Zurich
  5. Hong Kong
  6. New York
  7. Jenewa
  8. Kopenhagen
  9. Los Angeles
  10. Osaka

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Tel #Aviv #Ambil #Alih #Posisi #Hong #Kong #sebagai #Kota #Termahal #Dunia #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts