BI Proyeksi Inflasi Capai 1,55 Persen pada 2021

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Bank Indonesia (BI) memperkirakan terjadi inflasi pada Desember 2021. Berdasarkan Survei Pemantauan Harga pada minggu pertama yakni 3 Desember 2021, perkiraan inflasi 2021 akan sebesar 1,55 persen.

Read More

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, perkembangan harga pada Desember 2021 tetap terkendali dan diperkirakan inflasi sebesar 0,25 persen month to month (mtm).

“Dengan perkembangan tersebut, perkiraan inflasi 2021 akan sebesar 1,55 persen,” kata Erwin dalam laporannya, Jumat (3/12/2021).

Dia mengatakan, penyumbang utama inflasi pada minggu pertama Desember 2021 yaitu komoditas cabai rawit dan minyak goreng yang masing-masing sebesar 0,04 persen mtm, cabai merah sebesar (0,02 persen) mtm, telur ayam ras, sawi hijau, kangkung, sabun detergen bubuk dan tarif angkutan udara masing-masing sebesar 0,01 persen mtm.

Sementara itu, beberapa komoditas mengalami deflasi, antara lain bawang merah dan daging sapi masing-masing sebesar -0,01 persen mtm.

Ke depannya, Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran Covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kami juga akan mengkoordinasi langkah-langkah kebijakan lanjutan yang perlu ditempuh untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap baik dan berdaya tahan,” pungkas Erwin. (Reporter: Siti Masitoh | Editor: Noverius Laoli)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: BI proyeksi inflasi pada 2021 mencapai 1,55%, ini harga komoditas yang naik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Proyeksi #Inflasi #Capai #Persen #pada #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts