3 Gerbong KRL Rusak Usai Anjlok di Ciputat

  • Whatsapp

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengungkapkan, tiga gerbong kereta rel listrik (KRL) rusak akibat anjlok di Jombang, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Minggu (5/12/2021).

Read More

KRL itu anjlok tepatnya di dekat Stasiun Sudimara atau di pelintasan sebidang yang menghubungkan Jalan Betawi dan Jalan Jombang Raya.

“Jadi, tadi ada beberapa (gerbong yang rusak) ya. Rangkaian yang memang terdampak dari anjlokan ini tadi ada 2-3 (gerbong),” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba saat ditemui di lokasi anjloknya KRL, Minggu.

Meski ada tiga gerbong yang rusak dari total 10 gerbong, dia belum mengetahui total kerugian yang dialami.

KAI Commuter menyatakan masih fokus menangani pelayanan KRL.

“Fokusnya sekarang hanya pelayanannya penumpang. Masalah kerugian dan lainnya bisa dicek kembali,” ujar Anne.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ditanya apakah pihaknya hendak memeriksa KRL lain setelah ada kereta anjlok, dia mengatakan bahwa pihaknya sebenarnya rutin memeriksa KRL.

“Sebenarnya untuk sarana KRL ada pengecekan daily, pengecekan weekly, ada pengecekan monthly, untuk memastikan KRL itu layak,” ucapnya.

Anne sebelumnya berujar, pihaknya masih melakukan beberapa pemeriksaan di lokasi anjloknya KRL.

Dengan demikian, belum ada kesimpulan soal penyebab kecelakaan tersebut.

“Semua diukur, prasarananya seperti apa. Dari sisi relnya, weselnya, prasarana listrik aliran atas, sarananya juga dicek, sehingga dicek semua, disimpulkan, baru ketahuan penyebabnya,” papar Anne.

Dia mengungkapkan, KRL yang anjlok merupakan kereta cadangan yang beroperasi pada Sabtu-Minggu.

Sejumlah KRL cadangan, termasuk rangkaian yang anjlok, dioperasikan pada Sabtu-Minggu agar KRL lainnya dapat dilakukan perbaikan (maintenance).

“Kalau Sabtu-Minggu ini, kami menyebarkan kereta-kereta cadangan agar kami bisa melakukan maintenance terhadap KRL-KRL yang lain,” papar Anne.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lokasi sekitar pukul 20.00 WIB, rangkaian KRL gerbong nomor 7-10 sudah tak ada di sekitar Stasiun Sudimara.

Sementara itu, gerbong nomor 1-6 masih berada di Stasiun Sudimara, tepatnya di rel tiga atau rel yang tak dilalui KRL penumpang.

Petugas PT KAI masih memeriksa gerbong nomor 1-6 dan memeriksa bagian rel dua.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Gerbong #KRL #Rusak #Usai #Anjlok #Ciputat #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts