Kenapa Harga Berlian Mahal?

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Berlian asli menjadi batu permata paling mahal harganya. Bahkan dibanding dengan logam mulia seperti emas, harga berlian cenderung lebih mahal.

Padahal berlian ini hanyalah batuan keras yang terbentuk dari gas karbon dari dalam gunung berapi.

Karbon murni memiliki skala kekerasan tertinggi yakni 10 MOHs dan kemampuannya mendispersikan cahaya. Saking kerasnya, kristal karbon murni ini dipakai sebagai alat pemotong kaca, jarum gramofon, mata bor pertambangan, dan sebagainya.

Sebelum lanjut ke pembahasan selanjutnya, perlu dipahami bahwa berlian ialah intan yang sudah diolah sedemikian rupa. Dengan demikian, berlian asli adalah intan yang diasah baik-baik hingga indah kemilau cahayanya.

Dikutip dari situs Diamond Hedge, berlian juga bukan barang langka. Namun memang dibutuhkan intan yang berkualitas untuk bisa dijadikan berlian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagian besar intan yang ditemukan dari bumi bahkan tidak memiliki ukuran dan kualitas yang lumayan untuk keperluan industri.

Jadi sulit untuk menemukan intan dengan berat karat, warna, dan kejernihan yang memenuhi kualifikasi untuk dijadikan berlian.

Memang cara untuk menemukan intan tidak mudah karena letak intan ratusan meter di bawah permukaan bumi. Pasalnya, proses pembentukan intan membutuhkan temperatur yang sangat tinggi.

Karbon yang terpendam dalam tanah selama ratusan hingga jutaan tahun dan mengalami proses kimiawi dan mengalami tekanan dari dalam bumi sehingga secara alami membentuk kristal yang umumnya menyerupai bentuk prisma.

Setelah menggali intan yang masih berbentuk batu kerikil biasa dari kerak bumi, batu intan ini kemudian diproses menjadi berlian asli yang indah berkilau.

Proses pemotongan berlian ini membutuhkan teknologi dan peralatan modern serta keahlian khusus. Setelah diproses, berlian asli dapat dijadikan ornamen kalung, cincin berlian, anting-anting, hingga pakaian.

Seluruh proses ini adalah salah satu alasan mengapa berlian asli begitu mahal. Selain itu, ukuran dan kualitas berlian juga memainkan peran utama pada harga berlian.

Berdasarkan situs francisalukkas.com, masyarakat Yunani kuno menganggap berlian asli sebagai air mata para dewa. Sedangkan orang Romawi percaya ujung panah Cupid terbuat dari berlian asli.

Namun kisah di balik kepopuleran cincin pertunangan berlian bukanlah ini. Dimulai ketika perusahaan tambang De Beers menemukan berlian asli terbesar di kota Kimberley, Afrika Selatan.

De Beers memperkirakan pasokan besar ini akan menurunkan harga berlian asli, sehingga perusahaan tambang ini memasarkan produk berlian asli sebagai produk langka dengan hanya merilis berlian dalam jumlah sedikit.

Dilansir dari situs rarecarat.com, De Beers bekerja sama dengan biro iklan asal Amerika Serikat, N.W. Ayer, untuk memasarkan berlian dengan slogan “a diamond is forever” agar harga berlian tetap tinggi.

Iklan dan slogan yang dibuat tersebut menjadi cikal bakal tradisi pemberian cincin berlian saat pertunangan sebagai simbol cinta dan pengabdian hingga saat ini.

Iklan tersebut sukses besar karena berhasil menanamkan persepsi bahwa berlian asli batu permata yang langka dan layak dijadikan investasi. Persepsi ini yang membuat harga berlian asli tetap tinggi termasuk jika sudah dijadikan cincin berlian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Kenapa #Harga #Berlian #Mahal #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts