3 Investor Suntik Dana Rp 750 Miliar Untuk Pembangunan Resort di Borobudur Highland

  • Whatsapp

 

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Sebanyak tiga investor telah meneken letter of intent untuk pengembangan resort untuk menunjang Borobudur Highland, dengan total investasi sebesar Rp 750 miliar.

Direktur Utama Badan Otorita Borobudur (BOB) Indah Juanita menyampaikan letter of intent sudah dilakukan sejak 2019.

Namun, dalam prosesnya, para investor butuh waktu untuk melakukan perhitungan dan melakukan study terlebih dahulu.

“Rp 750 miliar ini dari beberapa investor, sudah mulai dari tahun 2019 bulan Februari. Seluruh investor dari Indonesia,” jelas Indah, Sabtu (11/12/2021).

Selain itu, diperlukan juga tanah yang legal dalam membangunnya. Ketiga investor ini nantinya membangun resort di kawasan Purworejo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Nah, untuk membangun ini kan harus dengan status tanah yang legal. Sehingga, mereka juga berperikatan dengan kita dengan benar karena ini ibaratnya kita kawin. BOB dengan investor karena kan ini umurnya panjang 30 tahun tambah 10 tahun sesuai dengan umur HGB,” imbuh dia.

Indah menyampaikan, pembangunan resort rencananya dilakukan pada 2023. Namun, investor memulai persiapannya pada tahun depan.

Ia mengungkapkan, alasan dibuatnya dalam bentuk resort karena wilayahnya berada di hutan, sehingga keasrian alam harus tetap terjaga walaupun dibangun penginapan bagi wisatawan.

“Bentuknya resort seperti villa-villa kecil yang ringan karena ini kan hutan. Bukan tiba-tiba terus ada bangunan aneh besar di situ nggak, bentuknya kecil-kecil namanya resort,” jelas Indah.

Nantinya, resort tersebut tersebar di dua titik area dengan total luasan mencapai 300 hektar. Selain pembangunan resort, investor juga berencana membangun sebuah pertunjukan.

“Resort dan juga atraksi berupa cable car,” imbuh dia.

Namun, Indah tidak membeberkan siapa investor yang masuk untuk pembangunan resort ini. Namun, dia memastikan bahwa investor berasl dari Indonesia.

“Investor dari Jakarta, Indonesia kalau pun mereka melakukan pendanaan dari luar kan mereka harus buat perusahaan lokal dulu baru engage dengan kita,” kata Indah.

“Rp 750 miliar itu, ada 3 investor ada satu orang yg ambil lebih 2-3 lot. Lot itu kavling kalau di perumahan. Kalau di wisata namnya lot,” pungkas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Investor #Suntik #Dana #Miliar #Untuk #Pembangunan #Resort #Borobudur #Highland #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts