Tips Hemat Baterai HP Saat Dipakai untuk WiFi Tethering

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Mengakses internet tak melulu mengandalkan jaringan LAN atau WiFi. Terdapat alternatif lain yang bisa digunakan, salah satunya adalah menggunakan fitur mobile hotspot atau WiFi tethering dengan ponsel.

Read More

Mobile Hotspot atau tethering merupakan cara praktis pengguna untuk saling berbagi koneksi internet melalui ponsel. Fitur hotspot ini dapat diaktifkan pada pengguna Android maupun iPhone dengan sangat mudah.

Namun, menggunakan hotspot atau tethering tentu memiliki efek boros pada baterai ponsel, terlebih lagi jika penggunaan terlalu lama dan sering. Dampak baterai ponsel yang boros tentu dapat memengaruhi performa ponsel.

Untuk mengatasi hal ini, berikut KompasTekno rangkum tips menghemat baterai hp saat tetthering atau digunakan sebagai mobile hotspot.

Mematikan Fitur WiFi

Jika Anda sudah terhubung dengan mobile hotspot, tak perlu lagi menyalakan fitur WiFi. Hal ini akan membuat ponsel Anda menghabiskan banyak daya. Fitur WiFi yang menyala akan membuat ponsel terus mencari jaringan WiFi yang tersedia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

WiFi juga tidak berfungsi secara bersamaan dengan fitur hotspot. Maka dari itu jika sudah tidak memerlukannya, segera matikan ikon WiFi agar daya baterai tetap awet.

Matikan GPS

Sama seperti jaringan WiFi, terkadang fitur GPS akan terus menyala di ponsel. Sebaiknya saat Anda tethering atau terhubung dengan hotspot, cek apakah fitur GPS menyala atau tidak.

Jika GPD masih menyala, sebaiknya segera matikan fitur tersebut agar penggunaan baterai tidak semakin boros.

Untuk mematikan fitur ini cukup mudah sekali. Pada pengguna iPhone masuk ke Setting > Privacy > Location > lalu geser toggle menjadi off.

Pada pengguna Android, masuk ke Setting > Location > lalu geser toggle menjadi off.

Sesuaikan kecerahan layar

Tips hemat baterai saat digunakan menjadi hotspot selanjutnya adalah menyesuaikan kecerahan atau brightness layar ponsel.

Sesuaikan brightness pada ponsel agar lebih hemat dan memaksimalkan baterai pada hotspot Anda. Semakin kecil kecerahan, atau semakin redup, maka semakin sedikit daya yang digunakan.

Untuk menyesuaikannya kecerahan ini, pengguna iPhone bisa masuk ke Settings > Display & Brightness.

Sementara bagi pengguna perangkat Android, atur setting kecerahan pada Settings > Display > Brightness level.

shutterstock ilustrasi wifi user

Matikan push notification

Apa itu push notification? push notification dapat diartikan sebagai pemberitahuan atau notifikasi yang berasal dari aplikasi yang terinstall di HP.

Saat notifikasi ini muncul, biasanya bersamaan dengan suara notifikasi dan layar ponsel yang menyala.

Maka dari itu saat tethering atau menggunakan hotspot, sebaiknya matikan notifikasi tersebut, atau jika tidak memungkinkan Anda dapat mengubah menjadi mode “Do Not Disturb/Jangan Ganggu

Atur kunci layar

Atur waktu kunci layar (lockscreen) ponsel agar mati dalam waktu singkat, jika ponsel sudah tidak digunakan.

Hal tersebut dapat membantu memaksimalkan daya baterai ponsel pasaat digunakan untuk tethering atau mobile hotspot.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Tips #Hemat #Baterai #Saat #Dipakai #untuk #WiFi #Tethering #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts