Ini Industri yang Diprediksi Jadi Sumber Ekonomi Baru DKI Jakarta

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Bank Indonesia (BI) menilai industri otomotif akan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru bagi DKI Jakarta dalam beberapa tahun ke depan.

Kepala Kantor Perwakilan BI DKI Jakarta Onny Widjanarko mengatakan, industri otomotif memegang peranan kunci dalam pengembangan mobil listrik.

Sumber pertumbuhan ekonomi baru ini berbeda dengan sumber ekonomi dalam 11 tahun terakhir, yang lebih banyak dikontribusi oleh industri pengolahan, perdagangan, konstruksi, dan jasa keuangan.

“Kami lihat sumber ekonomi baru ke depan yaitu industri otomotif dan mengarah kepada mobil listrik. Ini akan menggeser kebutuhan mobil dan kebutuhan energinya yaitu listrik,” kata Onny dalam webinar outlook perekonomian Jakarta 2022, Jumat (24/12/2021).

Onny memproyeksi mobil listrik mampu meningkatkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) DKI Jakarta sebesar 0,09 persen per tahun dan penyerapan tenaga kerja sebesar 0,03 persen per tahun.

Proyeksi ini mengacu pada data komitmen investasi beberapa perusahaan otomotif global di Indonesia, seperti Hyundai, Toyota, Suzuki, dan Mitsubishi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kami membuat simulasi tapi angkanya belum pasti, pengembangan mobil listrik dapat meningkatkan PDRB Jakarta rata-rata 0,09 persen per tahun dan penyerapan tenaga kerja 0,03 persen per tahun sampai tahun 2030,” ucap Onny.

Selain mobil listrik, sumber pertumbuhan ekonomi baru DKI Jakarta juga mengarah ke sektor pariwisata dan transportasi. Menurut Onny, dua sektor ini akan menciptakan geliat ekonomi di sekitarnya.

Pembangunan MRT fase II rute Bundaran HI ke Kota misalnya, membuka peluang usaha bagi toko-toko kecil di dalam stasiun maupun di luar stasiun.

“Ini merupakan sumber ekonomi baru, karena wisata itu bukan cuma destinasi tapi menjadi pasar untuk UMKM. Jadi kalau kami lihat program yang dilakukan Jakarta, Kota Tua sekarang tersertifikasi, demikian ada pembangunan MRT, itu berpeluang juga,” pungkas Onny.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Ini #Industri #yang #Diprediksi #Jadi #Sumber #Ekonomi #Baru #DKI #Jakarta #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts