Kenali Tahap Perkembangan Anak Usia 0-5 Tahun

  • Whatsapp

KOMPAS.com – “Apakah perkembangan anak saya normal?”

Mungkin itu adalah pertanyaan umum para orangtua kepada ahli kesehatan, yang jawabannya sangat penting untuk diketahui terutama saat anak berusia 0-5 tahun.

Seperti yang diungkapkan dokter Desy Kurniawati Tandiyo, Sp.KFR dari RS Indriati Solo Baru dalam acara webinar “Tips Simulasi Kecerdasan Otak, Bahasa, dan Perkembangan Sensorik Motorik pada Anak 1-5 Tahun”.

“Usia 0-5 tahun adalah masa golden age anak, di mana anak tumbuh dan berkembang dengan pesat. Sehingga, fase itu sangat penting untuk dipantau orangtua,” kata Dr Desy pada Sabtu (18/12/2021).

Mengutip IDAI, pemantauan tumbuh kembang anak usia 0-5 tahun bisa dilakukan secara berjenjang, sebagai berikut:

  • Usia 0-12 bulan dianjurkan dipantau tiap bulan.
  • Usia 12-24 bulan dianjurkan dipantau tiap 3 bulan.
  • Usia 24-72 bulan dianjurkan dipantau tiap 6 bulan.

Dr Desy kemudian menyebutkan bahwa perkembangan anak dibagi menjadi 4 aspek, yaitu motorik kasar, motorik halus, bahasa, dan personal sosial (sosialisasi dan kemandirian).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengutip Kementerian Kesehatan keempat aspek tersebut dijabarkan sebagai berikut:

  • Motorik kasar (gerak kasar)

Aspek yang berhubungan dengan kemampuan anak melakukan pergerakan dan sikap tubuh yang melibatkan otot-otot besar seperti duduk, berdiri, dan sebagainya.

  • Motorik halus (gerak halus)

Aspek yang berhubungan dengan kemampuan anak melakukan gerakan pada bagian tubuh tertentu yang dilakukan oleh otot-otot kecil dan memerlukan koordinasi yang cermat, seperti mengamati sesuatu, menjimpit, dan menulis.

  • Kemampuan bicara dan bahasa

Aspek yang berhubungan dengan kemampuan untuk memberikan respons terhadap suara, berbicara, berkomunikasi, mengikuti perintah.

#Kenali #Tahap #Perkembangan #Anak #Usia #Tahun

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts