5 Cara Membersihkan Keyboard Laptop dengan Mudah

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Membersihkan keyboard laptop adalah salah satu hal penting untuk menjaga keawetan perangkat.

Tidak bisa dipungkiri, sebagian orang mengandalkan laptop untuk menunjang kegiatan sehari-hari, seperti kegiatan pembelajaran hingga pekerjaan.

Penggunaan laptop hampir setiap hari tentu saja membuat beberapa bagian laptop juga kotor. Tak hanya layar LCD saja yang perlu Anda bersihkan, keyboard laptop pun sama pentingnya.

Sebab, keyboard laptop justru menyimpan berbagai kotoran dan debu kecil yang tidak terlihat. Coba perhatikan keyboard yang memiliki sela-sela kecil, di situlah tempat-tempat debu dan kotoran bersarang.

Apabila tidak dibesihkan, fungsi keyboard laptop kemungkinan akan menurun lebih cepat. Akan tetapi, cara membersihkan laptop dengan mengusapnya menggunakan lap biasa saja ternyata tidak cukup untuk menghilangkan seluruh debu-debunya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lantas bagaimana cara membersihkan keyboard laptop dengan mudah?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan keyboard laptop dengan berbagai alat. Berikut ini KompasTekno rangkum lima cara membersihkan keyboard laptop dengan mudah:

Membersihkan menggunakan penyedot debu mini

Cara membersihkan keyboard laptop yang pertama adalah dengan menggunakan penyedot debu mini. Alat ini bisa menarik seluruh kotoran dan debu yang berada di sela-sela keyboard laptop.

Penyedot debu mini untuk keyboard laptop bisa ditemukan dengan mudah di e-commerce. Harganya bervariasi, namun rata-rata berkisar di bawah Rp 50.000.

Menggunakan penyedot debu membuat seluruh kotoran hilang secara keseluruhan dan keyboard Anda menjadi bersih kembali.

Menggunakan cotton buds

PIXABAY/PISAUIKAN Ilustrasi cotton bud.

Jika tidak memiliki penyedot debu mini, Anda dapat menggunakan cotton buds. Cara membersihkan keyboard laptop dengan cotton buds adalah dengan mencelupkan sedikit cotton buds pada alkohol.

Lalu bersihkan keyboard dengan perlahan terutama pada bagian sela-sela keyboard laptop Anda.

Lap kain mikrofiber

Kain lap microfiber memiliki daya serap tinggi.PIXABAY Kain lap microfiber memiliki daya serap tinggi.

Cara membersihkan keyboard laptop dengan lap kain mikrofiber cukup mudah. Cukup bersihkan sela-sela dan tombol keyboard menggunakan lap kain mikrofiber.

Lap mikrofiber dikenal efektif mengangkat partikel-partikel debu hingga tumpahan minyak. Caranya cukup berikan sedikit saja desinfektan atau cairan alkohol kemudian lap secara perlahan sela-sela dan tombol keyboard Anda.

Menggunakan penghapus

Cara mudah membersihkan keyboard laptop lainnya adalah dengan menggunakan penghapus pensil. Gosokkan penghapus pensil pada keyboard terutama pada sela-sela dan jarak antar-keyboard.

Menggunakan penghapus membuat kotoran menempel pada penghapus dan membuat keyboad lebih bersih. 

Melepaskan Tombol Keyboard Laptop

Cara membersihkan keyboard laptop terakhir adalah dengan membongkarnya. Langkah ini bisa dilakukan apabila Anda ingin keyboard laptop benar-benar bersih secara keseluruhan.

Terlebih lagi bagi Anda yang memiliki kebiasaan makan sambil menggunakan laptop. Remah-remahan makanan akan berpotensi jatuh pada sela-sela dan di dalam tombol keyboard.

Namun perlu diperhatikan, tombol keyboard terkadang tidak dapat dilepas atau diganti tergantung pada Laptop Anda.

Itulah beberapa cara membersihkan keyboard laptop dengan mudah. Selamat mencoba!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Cara #Membersihkan #Keyboard #Laptop #dengan #Mudah #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts