Muncul Rencana Subsidi Minyak Goreng, Ini Jawaban Pemerintah

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Mahalnya harga minyak goreng curah membuat pemerintah turun tangan. Bahasan subsidi minyak goreng pun mengemuka di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Read More

Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kemenko Perekonomian Musdhalifah mengatakan, subsidi minyak goreng dengan memanfaatkan dana Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) masih dikaji.

Dia mengaku pembahasan belum menemui titik temu lantaran pemerintah masih mengkaji mekanisme yang tepat untuk menekan harga minyak goreng curah di pasaran.

“Ada pertimbangan untuk subsidi minyak goreng oleh BPDPKS, mekanisme belum bisa disampaikan, karena saat ini masih dibahas skema terbaik,” kata Musdhalifah dalam konferensi pers, Kamis (30/12/2021).

Harga Minyak Goreng hingga Cabai Diprediksi Turun Tahun Depan, Hanya di Bulan-bulan Ini

Harga minyak goreng sudah Rp 18.000 per liter dari sebelumnya Rp 11.000 per liter

Dia menuturkan, pengkajian ini begitu penting lantaran rata-rata harga minyak goreng menembus batas psikologis, yakni mencapai Rp 18.000/liter dari sebelumnya Rp 11.000/liter

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemerintah kata dia, sejatinya telah mengguyur 11 juta liter minyak goreng dengan harga yang lebih rendah, yakni Rp 14.000/liter lewat operasi pasar bernama Pasar Murah.

Namun tentu saja, harganya masih terlampau mahal dibanding saat normal.

“(Harga) Rp 14.000 – Rp 18.000 itu ada perbedaan signifikan. Ini yang sekarang kita sedang bahas, skema terbaik dan sesuai dengan kondisi kita,” beber dia.

 

Minyak goreng murah Rp 14.000

Lebih lanjut dia menjelaskan, operasi pasar itu merupakan salah satu strategi jangka pendek. Kini, minyak goreng curah Rp 14.000 tersedia di minimarket dan akan diperluas hingga ke pasar tradisional.

Program operasi pasar akan terus dilakukan untuk meredam harga sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo. Realisasi program ini tercatat sudah mencapai 35 persen.

“Kita ada policy jangka pendek dalam Nataru, dengan koordinasi bersama produsen minyak goreng, masyarakat perlu mengakses minyak goreng dengan harga terjangkau. Pasar murah November – Desember itu disediakan 11 juta liter di ritel modern,” pungkasnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Muncul #Rencana #Subsidi #Minyak #Goreng #Ini #Jawaban #Pemerintah #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts