Meredakan Anxiety dengan Aroma Bakaran Daun Salam, Begini Caranya

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Anxiety adalah gangguan kecemasan yang bisa menimpa siapa saja. Gangguan kesehatan mental ini biasanya diredakan menggunakan psikoterapi dan obat-obatan.

Read More

Selain obat-obatan kimia, ada pula terapi pengobatan menggunakan bahan-bahan herbal yang relatif lebih murah dan aman untuk tubuh.

Salah satu bahan herbal yang bisa digunakan untuk meredakan anxiety adalah daun salam. 

Selain digunakan dalam ruang kuliner, daun salam memang sudah digunakan dalam pengobatan herbal sejak lama.

Penggunaan daun salam untuk pengobatan herbal bisa dengan berbagai macam cara. Bisa diseduh untuk digunakan airnya, diekstraksi untuk diambil minyak esensialnya, atau juga dibakar untuk dihirup asap bakarannya.

Berbagai macam khasiat daun salam

Mengutip dari Healthsite, daun salam mengandung vitamin A, vitamin C, zat besi, potasium, kalsium, dan magnesium.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bumbu herbal ini juga mengandung enzim yang bisa merombak protein dan melancarkan saluran cerna. 

Selain itu, daun salam juga bisa digunakan meningkatkan kerja insulin sehingga bisa mengontrol gula darah, meredakan migrain, meredakan nyeri sendi, juga mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

UNSPLASH/ MONIKA GRABKOWSKA Ilustrasi daun salam, manfaat daun salam, khasiat daun salam.

Salah satu khasiat daun salam yang tak bisa dianggap remeh adalah kemampuannya dalam mengatasi atau mengobati anxiety.

Melansir dari Healthline, jika digunakan untuk meredakan anxiety, daun salam lebih baik dibakar dan dihirup aroma bakarannya. Penggunaannya persis seperti terapi menggunakan bakaran daun sage.

Aroma bakaran daun salam mengandung linalool, komponen yang juga ditemukan dalam tanaman mint dan lavender, dua jenis tanaman yang sudah ternama bisa meredakan anxiety.

Dalam teknik aromaterapi seperti ini, menghirup aroma tertentu bisa memberikan sinyal ke area otak yang bertugas mengendalikan emosi kita.

Ketika kita membakar daun salam dan menempatkannya di dalam ruangan, maka aroma bakaran daun salam akan menguar ke seluruh ruangan.

Selain membersihkan udara dari polutan, aroma daun salam juga bisa meningkatkan mood.

Selain linalool, daun salam juga memiliki eugenol dan myrcene. Dua komponen di dalam daun salam ini adalah antibakteri dan antioksidan yang bisa menenangkan saraf-saraf di dalam otak.

Keringkan daun salam kemudian bakar dan letakkan dalam ruangan tertutup. Aromanya bisa efektif menenangkan saraf dan memperbaiki mood.Unsplash Mathilde Langevin Keringkan daun salam kemudian bakar dan letakkan dalam ruangan tertutup. Aromanya bisa efektif menenangkan saraf dan memperbaiki mood.

Untuk melakukan terapi ini, ambil dan cucilah 3 hingga 5 lembar daun salam kemudian keringkan di bawah sinar matahari.

Letakkan daun salam yang sudah kering di mangkuk yang tahan panas, kemudian bakarlah, biarkan asapnya menguar memenuhi ruangan yang tertutup.

Jangan menghirup asapnya langsung dengan cara mendekatkan hidung di bakaran daun salam, karena hal ini bisa memicu gangguan pada saluran pernapasan.

Meski takaran linalool milik daun salam jauh di bawah lavender, namun beberapa penelitian mengatakan bahwa komponen di dalam daun salam ini cukup efektif menenangkan otak dan saraf kita.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Meredakan #Anxiety #dengan #Aroma #Bakaran #Daun #Salam #Begini #Caranya #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts