10 Cara Mencegah Asam Lambung Naik dengan Gaya Hidup dan Obat

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Penderita penyakit asam lambung kronis atau gastro esophageal reflux disesase (GERD) perlu melakukan beberapa cara mencegah asam lambung naik agar masalah kesehatan ini tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Perlu diketahui, penyakit asam lambung adalah masalah kesehatan berkepanjangan yang menyebabkan asam lambung dari perut naik ke kerongkongan.

Seseorang dikatakan mengidap GERD atau penyakit asam lambung kronis apabila asam lambung naik lebih dari dua kali seminggu.

Berikut beberapa cara mencegah asam lambung naik dan gejalanya yang perlu diwaspadai.

Cara mencegah asam lambung naik bisa dengan perubahan gaya hidup jadi lebih sehat dan cermat mengonsumsi obat. Melansir beberapa sumber, berikut beberapa di antaranya:

  • Jaga berat badan agar tetap ideal

Melansir Mayo Clinic, berat badan berlebih bisa meningkatkan tekanan di perut dan menyebabkan asam lambung gampang naik ke kerongkongan. Untuk itu, jaga berat badan agar tetap ideal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kebiasaan merokok secara bertahap bisa menurunkan fungsi klep esofagus bagian bawah. Klep ini berguna untuk mengontrol asam lambung agar tidak naik ke kerongkongan.

  • Tinggikan sandaran kepala saat tidur

Banyak penderita yang merasakan asam lambung naik di malam hari. Untuk mencegahnya, coba atur posisi kepala sampai punggung atas sedikit lebih tinggi saat tidur. Gunakan sandaran kepala lebih tinggi.

  • Jangan langsung berbaring setelah makan

Berikan jeda setiap makan dengan rebahan atau tiduran setidaknya tiga jam agar asam lambung tidak gampang melonjak.

  • Kunyah makanan secara perlahan

Hindari makan terlalu cepat. Ganti kebiasaan ini dengan mengunyah makanan secara perlahan-lahan.

#Cara #Mencegah #Asam #Lambung #Naik #dengan #Gaya #Hidup #dan #Obat

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts