26.000 Siswa SMK di Jabar Dilatih Program Kurikulum Bisnis Digital

  • Whatsapp

BOGOR, KOMPAS.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan, lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) masih menjadi penyumbang tertinggi tingkat pengangguran di Jawa Barat.

Read More

Emil, sapaan akrabnya, mengatakan, ada banyak faktor yang memengaruhi kondisi tersebut, salah satunya tidak terserapnya tenaga lulusan SMK yang bekerja di perusahaan atau sektor industri.

Melihat fenomena tersebut, sambung Emil, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat tengah mempersiapkan 26.000 siswa-siswi SMK untuk mengikuti program kurikulum bisnis digital dengan menggandeng salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, Shopee.

Emil berharap, dengan langkah ini, lulusan SMK ke depan dapat memiliki keterampilan khusus dalam bidang digital serta siap pakai dalam di dunia kerja.

“Inilah yang kami siapkan dalam kurikulum digital ini. Karena dari statistik, masih banyak lulusan SMK di Jawa Barat tidak terserap sehingga tingkat penganggurannya masih kategori tinggi,” kata Emil, saat meresmikan kelas perdana program pelatihan bisnis digital di SMK Negeri 1 Kota Bogor, Selasa¬† (11/1/2022).

Emil melihat, kondisi itu terjadi lantaran kurikulum pendidikan SMK yang digunakan selama ini masih konvensional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Padahal, kata Emil, saat ini era tranformasi digital atau industri 4.0 telah berkembang pesat.

Ia menyebut, ada 80 juta pekerjaan akan hilang karena tergeser oleh industri 4.0, dan ada 120 juta pekerjaan baru akan datang.

“Karena itu Jawa Barat berinisiatif untuk berinovasi mempercepat adaptasi baru ini. Ini yang kami siapkan dalam kurikulum digital ini,” sebut Emil.

“Salahkan orangtuanya, jangan salahkan anaknya. Salahkan sistem kita karena tidak mau beradaptasi,” tambahnya.

Kepala Hubungan Pemerintahan Shopee Indonesia Balques Manisang menyampaikan, Shopee berkomitmen untuk membantu meningkatkan keterampilan generasi muda melalui pendidikan berbasis bisnis digital.

Balques menjelaskan, kelas perdana program kurikulum bisnis digital ini merupakan kelanjutan kerja sama pelatihan dan pengembangan bisnis digital untuk 206 sekolah SMK se-Jawa Barat yang telah diresmikan Gubernur Ridwan Kamil pada November 2021.

Ia menyebut, kegiatan ini sebagai upaya dalam mempersiapkan ekonomi tangguh melalui generasi masa depan yang memiliki keterampilan digital guna menjadi wirausaha yang kreatif, mandiri, dan andal.

“Selain dengan kurikulum berbasis bisnis digital ini, diharapkan semakin banyak siswa SMK yang dapat siap pakai di dunia kerja khususnya di sektor digital. Shopee juga turut memberikan edukasi kepada guru dan murid SMK untuk bisa menjadi wirausaha bisnis digital yang mandiri melalui program ini,” pungkas Balques.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Siswa #SMK #Jabar #Dilatih #Program #Kurikulum #Bisnis #Digital #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts