Datangkan 17 Ahli dari China, Luhut Targetkan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Rampung April 2022

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meninjau langsung progres pembangunan lintasan rel serta terowongan proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada Rabu (12/1/2022) siang tadi.

Read More

Luhut bilang, proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung tersebut ditargetkan akan rampung pada April tahun ini. Ditambah lagi, pengerjaan proyek ini dibantu para tenaga ahli asal China yang akan didatangkan.

“Saya mendengar bahwa KCJB mendatangkan orang-orang hebat yaitu para ahli di bidang konstruksi dari perguruan tinggi ternama di Indonesia. Dimana mereka nanti akan dibantu oleh 17 ahli grouting dari Tiongkok sehingga pekerjaan ini ditargetkan bisa rampung pada akhir April 2022 yang sekaligus menggenapkan 13 terowongan lainnya dengan total panjang keseluruhan 16.662 meter. Seluruh rangkaian pekerjaan ini telah mencakup 72,5 persen dari progress keseluruhan project,” ucapnya lewat akun Instagram resmi, Rabu.

6 Fakta di Balik Proyek Rel Kereta Api Layang Terpanjang Solo-Semarang

Selama meninjau proyek tersebut, Luhut melihat proses pembangunan yang begitu rumit sehingga membutuhkan kewaspadaan yang begitu tinggi.

Lantaran, pembangunan terowongan KCJB ini sambung Luhut, berada di atas lahan yang mudah rapuh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Maka dari itu, pekerjaan pembangunan KCJB tentunya perlu dilakukan dengan kehati-hatian dan kecermatan yang tinggi.

Pertimbangan faktor keselamatan dan terowongan berkedalaman 53,6 meter

Pertimbangan berbagai faktor keselamatan menurutnya juga perlu diperhatikan secara serius, mengingat pembangunan semacam ini belum pernah dilakukan di Indonesia.

“Saat turun dari kereta inspeksi, saya menyaksikan sendiri bagaimana terowongan yang memiliki total panjang 1.052 m ini adalah salah satu struktur konstruksi yang punya tantangan geografis cukup tinggi. Belum lagi, terowongan 2 juga merupakan terowongan single-hole double track dengan kedalaman terkubur maksimum sedalam 53,6 m,” kata dia.

“Kesulitan pembangunan terowongan ini juga semakin kompleks karena berada di area clay shale atau jenis tanah dengan karakteristik yang sangat mudah melapuk apabila terkena air dan terekspose penggalian pada saat konstruksi,” lanjut Luhut.

Dari semua rangkaian pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung inilah yang ia menyebutnya sebagai menembus ketidakmungkinan.

“Di tengah dunia yang bergerak cukup cepat, hari ini keberanian untuk berubah dan mengubah merupakan fondasi untuk membangun Indonesia maju kedepannya,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Datangkan #Ahli #dari #China #Luhut #Targetkan #Kereta #Cepat #JakartaBandung #Rampung #April #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts