Pasokan Batu Bara Membaik, Kementerian ESDM Jamin Tak Ada Pemadaman Listrik

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan pasokan batu bara untuk pembangkit listrik berangsur membaik.

Read More

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Rida Mulyana mengungkapkan, dengan membaiknya pasokan batubara maka pemadaman listrik tidak akan terjadi.

Asal tahu saja, krisis pasokan batubara yang terjadi pada akhir tahun 2021 dan awal tahun 2022 membuat 17 PLTU terancam tidak dapat beroperasi optimal dan berpotensi mengganggu pasokan listrik untuk 10 juta pelanggan.

Rida menjelaskan, saat ini pasokan batu bara untuk pembangkit PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah mencapai minimum 10 hari operasional (HOP).

“Sampai saat ini trennya membaik. Pemadaman (listrik) tidak? Tidak, sudah lewat. Dari 17 PLTU itu tidak ada yang mati hari ini. (Wilayah) Jamali maupun luar itu jangan sampai mati karena kekurangan batu bara,” ungkap Rida ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Rabu (12/1/2022).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rida melanjutkan, Menteri ESDM Arifin Tasrif pun telah meminta agar pasokan batu bara untuk pembangkit listrik setidaknya harus mencapai minimum 20 HOP.

Untuk itu, sejumlah upaya pun kini tengah dilakukan pemerintah. Selain melakukan larangan ekspor batu bara, saat ini pemerintah pun juga turut melakukan verifikasi langsung ke lapangan untuk memastikan terjaminnya pasokan batubara.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengungkapkan, kondisi efektivitas pengiriman pasokan batubara PLN pada periode Agustus 2021 hingga Desember 2021 hanya mencapai 62 persen.

“Bahkan Desember 2021 mendekati 35 persen,” kata Darmawan, Selasa (11/1/2022).

Darmawan melanjutkan, kondisi krisis pasokan batubara kini sudah bisa diminimalisir. Untuk itu, potensi pemadaman kini dinilai sudah bisa diantisipasi pasca adanya tambahan pasokan batubara pasca kebijakan larangan ekspor. (Filemon Agung)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Pasokan Batubara Membaik, Kementerian ESDM Pastikan Tak Ada Pemadaman Listrik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Pasokan #Batu #Bara #Membaik #Kementerian #ESDM #Jamin #Tak #Ada #Pemadaman #Listrik #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts