Soal Travel Bubble Indonesia-Singapura, Sandiaga Uno: Kita Perlu Matangkan Persiapan

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau mencatat belum ada satu wisatawan mancanegara (wisman) yang masuk ke daerah tersebut, sejak dimulainya uji coba travel bubble untuk wisatawan Singapura menuju Batam dan Bintan pada 24 Januari 2022.

Read More

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, pihaknya akan terus mematangkan kesiapan travel bubble Indonesia-Singapura, sembari melakukan evaluasi.

“Kami akan terus membahas teknis penerapan travel bubble di lapangan. Untuk itu, kita perlu mematangkan kesiapan, baik dari segi akomodasi dan juga pengenalan paket wisata pada travel agent di Singapura,” ujar Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing, Senin (31/1/2022).

Sandiaga mengatakan, hal tersebut juga tidak lepas dari kesiapan transportasi seperti kapal fery, serta regulasi mengenai vaccinated travel land. Selain itu, bersama Kemenko Perekonomian pihaknya akan melakukan evaluasi dua pekan sekali.

Sandiaga juga mengatakan, Kemenko Perekonomian menjadwalkan evaluasi akan dilakukan setiap dua minggu setelah pembukaan pariwisata Kepri. Hal ini dilakukan untuk memantau dari segi penanganan pandemi, peningkatan protokol kesehatan, serta kesiapan supply dan demand.

“Melalui travel bubble ini, kami akan memantau situasi dan terus meningkatkan kesiapan dari vaccinated travel land yang akan menjadi prasyarat dari para wisatawan, terutama yang akan berkunjung ke Kepri,” kata dia.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, masuknya turis asing dari Singapura ke wilayah Batam dan Bintan dengan penerapan travel bubble (Indonesia dan Singapura) dimulai pada Senin (24/1/2022).

Dia menuturkan, opsi ini diambil pemerintah untuk mendorong kegiatan pariwisata di dua wilayah tersebut.

“Pemerintah mendorong travel bubble antara Batam Bintan dengan Singapura, untuk mendorong kegiatan pariwisata di Batam dan Bintan,” kata Airlangga dalam konferensi pers PPKM, Senin (24/1/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Soal #Travel #Bubble #IndonesiaSingapura #Sandiaga #Uno #Kita #Perlu #Matangkan #Persiapan #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts