Macam-macam Kelentukan Tubuh

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Kelentukan merupakan salah satu unsur kebugaran jasmani. Istilah lain kelentukan adalah flexibility.

Read More

Pengertian kelentukan adalah kemampuan seseorang untuk menggerakkan tubuh atau bagian-bagian dalam satu ruang gerak yang seluas-luas mungkin, tanpa mengalami cedera pada persendian dan otot sekitarnya persendian.

Unsur kelentukan dalam kebugaran jasmani dapat diartikan sebagai tingkat penyesuaian seseorang pada segala aktivitas kerja secara efektif, efisien, dan optimal saat mengulurkan bagian tubuh.

Kelentukan tubuh dalam gerakan akan diperoleh berkat latihan secara rutin.

Dalam praktiknya, kelentukan dilatih secara bertahan dan tidak boleh dipaksakan guna menghindari cedera.

Mengutip Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 3 terbitan IKIP Mataram (2016), ada enam macam kelentukan, yaitu:

Kelentukan Umum

Kelentukan umum adalah kemampuan semua persendian atau pergelangan untuk melakukan gerakan-gerakan ke semua arah secara optimal, dan dibutuhkan untuk banyak cabang olahraga.

Sebagai contoh seperti liukan dalam senam irama. Gerakan menggeliat seakan bergelombang dengan gerakan pinggul lebih aktif merupakan gerakan dasar liukan.

Kelentukan Khusus

Kelentukan khusus adalah kemampuan yang dominan dibutuhkan dalam suatu cabang olahraga tertentu. Misalnya kelentukan pada pergelangan tangan dan bahu dalam permainan bola voli atau pergelangan tangan pada cabang olahraga hoki atau bulu tangkis.

Kelentukan Aktif

Kelentukan aktif adalah kelentukan di mana gerakan-gerakannya dilakukan sendiri seperti senam kalistenik atau gerakan-gerakan senam pergelangan yang biasa dilakukan dalam pemanasan.

Kelentukan Pasif

Kelentukan pasif adalah kelentukan di mana gerakan-gerakannya dilakukan dengan bantuan orang lain seperti senam atau stretching (peregangan) secara berulang-ulang.

Kelentukan Dinamis

Kelentukan dinamis adalah latihan kelentukan dengan menggerak-gerakan persendian secara berulang-ulang.

Kelentukan Statis

Kelentukan statis, adalah latihan kelentukan dengan tidak melakukan pengulangan gerakan dalam waktu dan hitungan tertentu.

Contoh kelentukan statis seperti latihan peregangan pada waktu melakukan pemanasan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Macammacam #Kelentukan #Tubuh #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts