Susi Pudjiastuti: Persoalan Susi Air di Malinau Tidak Ada Unsur Politik

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019, Susi Pudjiastuti menegaskan polemik terkait pengeluaran paksa Pesawat Susi Air dari hanggar Bandara Robert Atty Bessing, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara, tidak berkaitan dengan unsur politis.

Read More

“Persoalan Susi Air dan penerbangan ini tidak ada unsur politik, tidak ada. Saya juga tidak berpikir seperti itu. Tetapi sebagai pemilik, saya melihat anak saya (Nadine Kaiser, Corporate Secretary Susi Air) struggle, sedih saja, prihatin saja,” ungkapnya melalui konferensi pers virtual, Jumat (4/2/2022).

Susi pun berharap Pemerintah Kabupaten Malinau mempertimbangkan keputusannya. Sebab kata Susi, Susi Air telah mengudara di daerah tersebut sejak 2008.

Selain itu, Susi juga berharap agar semua pihak bijaksana dan mengutamakan kebutuhan masyarakat Malinau, terutama di daerah Krayan, Long Bawan, dan Long Apung.

“Karena kalau pakai speed boat, kalau tidak salah delapan jam (menuju) ke kawasan perbatasan. Kalau Susi Air masih bisa terbang, tentunya terus membantu. Kita di sana sudah dari tahun 2007, 2008, that’s long time ago, sudah lama dan masyarakat sudah terbiasa dengan Susi Air,” lanjut Susi.

Sebelumnya, video pesawat Susi Air dikeluarkan paksa dari hanggar Bandara Robert Atty Bessing Kabupaten Malinau viral di Twitter. Video tersebut diunggah oleh akun Twitter Susi Pudjiastuti pada 2 Februari 2022.

Dalam video tersebut tampak sejumlah petugas Satpol PP memindahkan pesawat maskapai Susi Air yang sedang terparkir di hanggar. Pemkab Malinau sendiri mengatakan, pengeluaran paksa pesawat Susi Air penuh dengan pertimbangan.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Malinau, Kristian Muned yang memimpin eksekusi Susi Air saat itu mengatakan, tindakan yang diambil tidak dilakukan secara semena-mena.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Susi #Pudjiastuti #Persoalan #Susi #Air #Malinau #Tidak #Ada #Unsur #Politik #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts