Satgas: Laju Penularan Covid-19 di Jakpus Tertinggi Se-Jabodetabek

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, Jakarta Pusat tercatat sebagai wilayah dengan laju penularan Covid-19 paling tinggi se-Jabodetabek.

Read More

Perhitungan ini berdasarkan data insiden kumulatif atau proporsi kasus baru Covid-19 per 10.000 penduduk dalam sepekan.

“Dalam hal ini per 6 Februari 2022 Jakarta Pusat menjadi wilayah dengan laju penularan tertinggi,” ujar Wiku dalam konferensi pers secara virtual pada Kamis (10/2/2022).

“Kemudian disusul Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Kota Depok dan Jakarta Barat,” lanjutnya.

Menurut Wiku hal ini perlu menjadi perhatian bersama agar penularan pada daerah-daerah tersebut dapat ditekan.

Khususnya penularan Covid-19 yang disumbangkan oleh klaster perkantoran, baik di kantor pemerintahan maupun swasta.

“Jika di minggu depan masih menjadi penyumbang kasus di wilayah aglomerasi maka pimpinan kantor telah gagal dalam melakukan kontribusi mencegah kasus di wilayah tersebut,” tegas Wiku.

Dia mengingatkan, masyarakat yang rutin melakukan perjalanan termasuk karena tuntutan pekerjaan dan tertular Covid-19 berpotensi menularkannya pada orang satu rumahnya.

Kondisi ini berakibat munculnya klaster-klaster keluarga.

“Untuk itu mari kita bersama mengendalikan kasus mulai dari unit yang paling kecil seperti kantor dan keluarga,” tambah Wiku.

Sementara itu, pemerintah melaporkan penambahan 40.618 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir. Penambahan kasus baru itu terjadi di 34 provinsi.

Berdasarkan data yang sama, hingga Kamis total kasus Covid-19 di Tanah Air berjumlah 4.667.554 kasus.

Menurut data Satuan Tugas Penanganan Covid-19, penambahan tertinggi ada di DKI Jakarta sebanyak 11.090 kasus, Jawa Barat dengan 9.403 kasus, Banten 5.031 kasus, Jawa Timur 4054 kasus, dan Jawa Tengah dengan 2.387 kasus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Satgas #Laju #Penularan #Covid19 #Jakpus #Tertinggi #SeJabodetabek #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts