Kesan Pertama Menjajal Samsung S22 Ultra, Kini dengan Stylus S-Pen Bawaan

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Serangkaian rumor, bocoran spesifikasi, gambar render, hingga hands-on akhirnya berkulminasi pada diperkenalkannya trio ponsel Galaxy S22 oleh Samsung hari Rabu (9/2/2022).

Read More

Beberapa hari sebelumnya di Jakarta, Samsung sempat menggelar sesi briefing untuk jurnalis. Di sana diperlihatkan ketiga ponsel Galaxy S22, Galaxy S22 Plus, dan Galaxy S22 Ultra yang ternyata memang mirip dengan aneka bocoran yang beredar selama ini.

Tampang Galaxy S22 dan Galaxy S22 Plus terbilang tak banyak berubah dibanding dua perangkat terdahulu, Galaxy S21 dan Galaxy S21 Plus.

Lain halnya dengan Galaxy S22 Ultra, yang bukan hanya tampil beda, tapi untuk pertama kalinya juga memboyong fitur andalan dari seri Galaxy Note, yakni stylus S Pen.

Lebih mirip Galaxy Note daripada Galaxy S

S Pen sebenarnya sudah didukung oleh Galaxy S21 Ultra. Namun, perangkat tersebut tidak memiliki kompartemen khusus untuk menyimpan stylus sehingga kurang praktis.

Di Galaxy S22 Ultra, untuk pertama kalinya Samsung menambahkan kompartemen stylus, lengkap dengan S pen di dalamnya.

Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Indonesia, Verry Octavianus, mengibaratkan Galaxy S22 Ultra sebagai gabungan ponsel seri Galaxy S dan Galaxy Note, sehingga turut mengawinkan aspek kreatif dan produktivitas dari kedua lini smartphone tersebut.

“Sebagai Note ‘legacy’, kami hadirkan stylus S-Pen di Galaxy S22 Ultra,” kata Verry saat memperkenalkan perangkat tertinggi dari seri Galaxy S22 tersebut di acara briefing Samsung.

KOMPAS.com/ OIK YUSUF Pengalaman menggunakan stylus di Galaxy S22 Ultra sangat mirip dengan Galaxy Note. Samsung mengklaim latency S Pen di ponsel ini hanya 2,8 ms.

Bukan hanya stylus, rancangan fisik Galaxy S22 Ultra pun ikut dirombak sehinggga menjadi mirip seri Galaxy Note dengan sudut-sudut yang menyiku, alih-alih membulat seperti perangkat-perangkat Galaxy S sebelumnya.

Galaxy S22 Ultra pun menjadi lebih mirip Galaxy Note 20 Ultra (model Galaxy Note terakhir yang dirilis Samsung pada 2020) ketimbang dua saudaranya, Galaxy S22 dan S22 Plus, yang desainnya masih mirip dengan seri Galaxy S21 keluaran tahun lalu.

Feel Galaxy S22 Ultra dalam genggaman tangan pun langsung mengingatkan KompasTekno pada Galaxy Note 20 Ultra.

Kendati membuat perangkat terlihat lebih profesional dan mewah, sudut-sudut yang menyiku terasa sedikit “menusuk” ke telapak tangan saat ponsel digunakan dalam orientasi landscape (horizontal), misalnya untuk bermain game.

Pena S Pen “warisan”

Seanada dengan Verry, dalam pernyataan tertulis, President and Head of MX Business Samsung TM Roh mengatakan bahwa Samsung memang sengaja mewariskan S Pen yang merupakan fitur khas Galaxy Note ke produk-produk kategori lain, seperti tablet, ponsel lipat, hingga Galaxy Book.

Galaxy S22 Ultra adalah perangkat terbaru yang kebagian S Pen. “Ini memungkinkan semua orang mendapat lebih banyak hal dari pengalaman mobile mereka, sekaligus menandai babak baru dari warisan Galaxy Note,” ujar Roh.

Berbeda dari S Pen untuk perangkat lain seperti Galaxy Z Fold3, stylus milik Galaxy S22 Ultra berbentuk kecil mirip kepunyaan Galaxy Note, karena memang ditujukan untuk bisa dimuat di dalam bodi ponsel.

Seperti Galaxy Note, S Pen disimpan di dalam kompartemen khusus di bodi Galaxy S22 Ultra.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Seperti Galaxy Note, S Pen disimpan di dalam kompartemen khusus di bodi Galaxy S22 Ultra.

Kompartemen penyimpanannya terletak di sisi bawah, persis di samping grille speaker. Untuk mengeluarkan S Pen, pengguna cukup menekannya sedikit ke arah dalam. Stylus kemudian akan didorong ke luar oleh mekanisme otomatis.

Lantaran ukurannya mirip, pengalaman memakai S Pen di Galaxy S22 Ultra pun tak ubahnya seperti Galaxy Note.

Memang tak senyaman stylus Fold Edition ataupun versi tablet yang berukuran lebih besar sehingga mirip pena sungguhan. Namun, sensasi menulis atau menggambar di atas layar tetap konsisten dan identik dengan S Pen lain.

Stylus ini pun terasa responsif. Tak ada jeda yang terasa antara gesekan ujung pena dan munculnya guratan di layar. Samsung mengeklaim S Pen Galaxy S22 Ultra memiliki latency tiga kali lebih rendah dibandingkan Galaxy Note, yakni hanya 2,8 ms.

Karena tersambung ke perangkat secara wireless, S Pen Galaxy S22 Ultra pun bisa digunakan sebagai remote control, misalnya untuk memajukan slide saat presentasi atau menekan tombol shutter saat memotret group selfie dari kejauhan.

Otak Snapdragon

Melalui trio Galaxy S22, Samsung juga sekaligus mengubah kebiasaan menyematkan chip Exynos di lini Galaxy S untuk wilayah Indonesia.

Alih-alih Exynos (2200), Galaxy S22, Galaxy S22 Plus, dan Galaxy S22 Ultra kini ditenagai Snapdragon 8 Gen 1 yang merupakan chip mobile teratas dari Qualcomm.

Menurut Verry, chip yang dibuat dengan fabrikasi 4 nm ini merupakan salah satu kunci dari serangkaian keunggulan yang ditawarkan trio Galaxy S22.

“Banyak hal yang bisa dilakukan, foto jadi luar biasa, battery consumption jadi optimal, processing dan stability jadi maksimal,” ujarnya.

Dari kiri ke kanan: Samsung Galaxy S22 Ultra warna putih, Samsung Galaxy S22 Plus warna pink gold, dan Samsung Galaxy S22 warna black.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Dari kiri ke kanan: Samsung Galaxy S22 Ultra warna putih, Samsung Galaxy S22 Plus warna pink gold, dan Samsung Galaxy S22 warna black.

Selain Snapdragon 8 Gen 1, Galaxy S22 dan S22 Plus turut dibekali RAM 8 GB serta pilihan storage 128 GB atau 256 GB. Sementara, Galaxy S22 Ultra memiliki opsi RAM 8 GB/ 12 GB serta storage 128 GB/ 256 GB/ 512 GB.

Kapasitas baterai ketiga ponsel berbeda, yakni 3.700 mAh untuk Galaxy S22, 4.500 mAh untuk Galaxy S22 Plus, dan 5.000 mAh untuk Galaxy S22 Ultra. Galaxy S22 mendukung fast charging 25 watt, sedangkan S22 Plus dan Ultra mendukung fast charging 45 watt.

Penasaran dengan sosok ketiga ponsel? Anda dapat menyimak penampilan ketiganya dalam video hands-on Galaxy S22 Ultra, S22 Plus, dan S22 oleh KompasTekno dalam video di tautan berikut. Tersedia juga rangkaian foto di link ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Kesan #Pertama #Menjajal #Samsung #S22 #Ultra #Kini #dengan #Stylus #SPen #Bawaan #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts