Cara Menggunakan WhatsApp Business agar Bisnis Semakin Efisien

  • Whatsapp

KOMPAS.com – WhatsApp Business dapat membantu menjalankan bisnis secara efisien. Pasalnya, aplikasi WhatsApp Business menyediakan fitur-fitur khusus yang berbeda dari aplikasi WhatsApp biasa.

Pengguna layanan perpesanan ini sering kali mempertanyakan apa itu WhatsApp Business dan apa bedanya dengan WhatsApp Messenger biasa?

Secara umum, kegunaan aplikasi WhatsApp Business ini hampir sama dengan WhatsApp Messenger biasa. Keduanya sama-sama layanan pengiriman pesan instan.

Namun, layanan WhatsApp Business ini khusus dibuat untuk pemilik usaha. Biasanya, aplikasi ini digunakan untuk berjualan tapi bisa juga digunakan untuk para profesional.

Aplikasi WhatsApp Business ini dapat diunduh di Google Play Store dan Apple App Store. Untuk mengetahui apa itu WhatsApp Business dan cara menggunakannya, simak penjelasan berikut ini.

Fitur-fitur WhatsApp Business

WhatsApp Business memiliki fitur-fitur khusus yang bisa memudahkan penggunanya untuk berinteraksi dengan konsumen, fitur tersebut seperti Katalog, Tautan Pendek, Perpesanan, dan Label.

Fitur-fitur ini dapat diakses dengan cara mengetuk menu Opsi Lainnya di layar utama aplikasi WhatsApp Business dan pilih menu Fitur Bisnis.

Dilansir dari laman WhatsApp.com, berikut fitur-fitur khusus yang tersedia di aplikasi WhatsApp Business:


1. Katalog

Fitur ini akan menampilkan dan mempublikasikan informasi produk apa yang dijual melalui akun bisnis pengguna.

Pengguna dapat memberikan deskripsi dan harga pada setiap foto produknya, sehingga pelanggan dapat langsung memesan atau menanyakan produk melalui fitur perpesanan.

2. Tautan pendek

KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto WhatsApp Business dapat membantu menjalankan bisnis secara efisien. Pasalnya, aplikasi WhatsApp Business menyediakan fitur-fitur khusus yang berbeda dari aplikasi WhatsApp biasa.

Fitur ini akan mempermudah pelanggan baru untuk langsung terhubung ke akun WhatsApp Business pengguna dan memulai chat dengan pengguna.

Jadi, pengguna bisa menyematkan tautan pendek miliknya agar pengguna baru bisa membuka tautan tersebut sehingga bisa memulai chat dengan pengguna.

3. Perpesanan

Fitur ini untuk melakukan percakapan atau chat antara pengguna dan pelanggan. Percakapan bisa berupa menanyakan seputar produk, bernegosiasi, dan sebagainya.

Pengguna WhatsApp Business dapat mengatur template pesan untuk dikirim secara otomatis saat bisnis sedang tutup atau untuk memberikan salam kepada pelanggan baru.

4. Label

Fitur ini dapat memudahkan pengguna apliksai WhatsApp Business untuk membagi percakapan atau chat dengan pelanggan menjadi beberapa kategori.

Misalnya kategori pelanggan baru, belum bayar, pesanan sedang diproses, atau sedang dikirim. Fitur ini akan memudahkan pengguna merespons chat dari pelanggan.

Cara menggunakan WhatsApp Business

Penjelasan di atas hanyalah segelintir fitur yang tersedia di aplikasi WhatsApp Business. Jika tertarik untuk menggunakannya, aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di ponsel.

Berikut cara menggunakan WhatsApp Business untuk pengguna baru, dikutip dari laman Whatsapp.com:

  1. Buka aplikasi WhatsApp Business yang sudah diunduh.
  2. Baca ketentuan layanan, lalu ketuk Setuju dan Lanjutkan.
  3. Pilih kode negara dan masukkan nomor telepon dalam format nomor telepon internasional menggunakan awalan +62. Ketuk Lanjut.
  4. Ketuk Oke untuk menerima kode OTP melalui SMS atau telepon.
  5. Masukkan kode OTP di kolom yang sudah disediakan.
  6. Berikan izin aplikasi WhatsApp Business untuk mengakses kontak dan foto di telepon.
  7. Buat akun dengan isi nama bisnis, pilih kategori bisnis, dan pilih foto profil bisnis.
  8. Ketuk Jelajahi dan pilih menu Profil Bisnis untuk membuat profil bisnis.
  9. Tambahkan informasi bisnis seperti alamat, deskripsi, jam operasional, dan sebagainya.
  10. Profil WhatsApp Business telah dibuat. Pengguna bisa langsung mengirim pesan dan menggunakannya.

Itulah keunggulan yang bisa dimanfaatkan pengguna WhatsApp Business untuk memaksimalkan bisnisnya. Cara menggunakan aplikasi WhatsApp Business juga mudah karena tidak jauh berbeda dengan WhatsApp Messenger biasa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Cara #Menggunakan #WhatsApp #Business #agar #Bisnis #Semakin #Efisien #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts